RPPM
DAN RPPH KURIKULUM 2013
KELOMPOK USIA 5-6 TAHUNSEMESTER I
MINGGU :
1
TEMA :
DIRI SENDIRI
SUB TEMA :
AKU
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN
KANAK-KANAK PEMBINA ...........................
TAHUN PELAJARAN
....................
Tema : Diri Sendiri
Sub Tema : Aku
Kelompok Usia : 5-6 Tahun (B)
Minggu ke : 1
Alokasi waktu : senin – sabtu tgl
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Nilai Agama dan Moral |
* 3.1-4.1
Mengenal dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan
orang dewasa |
* Doa-doa(doa sebelum dan sesudah
belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan bangun tidur,doa untuk
kedua orang tua,mengenal hari-hari besar agama,tempat ibadah dan lainnya
sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali bila ada kesediaan
orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
* Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah
kegiatan |
* Berdoa sebelum kegiatan |
Pengajaran
Langsung, Observasi |
|
|
|
|
|
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Fisik Motorik |
* 3.3-4.3
Mengenal dan menggunakan angggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk
pengembangan motorik kasar dan halus |
* Nama anggota tubuh, fungsi anggota
tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjaga anggota tubuh tetap sehat,
berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar
dalam kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi
tubuh. |
* Anak terampil menggunakan anggota tubuhnya
dalam gerak dan lagu |
* Melakukan kegiatan motorik melalui gerak
dan lagu |
Demonstrasi
|
Sosial Emosional |
* 3.14-4.14 Mengenali dan mengungkapkan
kebutuhan,keinginan dan minat dirinya dengan cara yg tepat |
* Membuat karya sesuai dengan gagasannya,dst |
*
Anak dapat melatih keterampilan diri. *
Anak terampil membuat karya seni sesuai dengan gagasannya * Anak dapat mengenal bentuk dari suatu benda |
*
Membuat bentuk benda-benda yg berhubungan dengan menggunakan
plastisin.tema :
* Identitas diri
* Badanku
* wajahku
* Tanganku *
Kakiku |
Penugasan Individu |
Kognitif |
*
3.6-4.6 Mengenal dan
menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan Ciri-ciri
lainnya) melalui berbagai hasil karya |
* mengenal hiubungan satu ke satu,satu
kebanyak,kelompok ke kelompok *Mengenal besar kecil,berat
ringan,sebentar-lama,bilangan(sartuan-puluhan) |
* Anak dapat mengenal konsep jumlah pada
suatu bilangan * Anak dapat mengenal bilangan |
*
Menghubungkan garis lurus pada gambar dengan bilangan yg sesuai pada
tema yg berkaitan dengan: *
Identitas diri *
Badanku *
Wajahku *
tanganku *
kakiku * Membilang gambar pada tema yang berkaitan
dengan: * Identitas diri * Badanku * Wajahku * tanganku * kakiku |
Penugasan
individu Unjuk kerja |
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI
DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Bahasa |
* 3.10-4.10
Memahami dan menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan
membaca) |
* Menjawab dengan tepat ketika ditanya |
*
Anak dapat mengetahui tentang pekerjaan: * Identitasku *
Badanku *
Wajahku *
Tanganku * Kakiku Melalui
kegiatan tanya jawab |
*
Tanya jawab tentang: * Identitasku *
Badanku *
Wajahku *
Tanganku *
Kakiku |
Tanya jawab |
|
|
|
|
|
|
Seni |
* 3.15-5.15
Mengenal dan menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan
media |
* Mengenal berbagai hasil karya dan
aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni musik, karya tangan dan
lainnya. |
* Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan
dengan tema |
* Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan
dengan tema:”AKU” |
Unjuk kerja
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ........................... NIP,...........................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
A.
IDENTITAS
Nama Lembaga :
TK NEGERI PEMBINA
Semester/ Minggu : I/ 1
Tema/ Sub Tema :
Diri Sendiri /Aku
Hari/ Tanggal :
Senin-sabtu,tgl
B.
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kompetensi Dasar: 3.1-4.1, 3.3-4.3, 3.10-4.10, 3.14-4.14, 3.6-4.6, 3.15-4.105
2.
Tujuan Pembelajaran
a.
Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Anak trampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu
c.
Anak dapat mengetahui tentang pekerjaan pedagang melalui kegiatan tanya
jawab
d.
Anak trampil membuat karya seni sesuai dengan gagasannya
e.
Anak dapat melatih keterampilan diri
f.
Anak dapat mengenal konsep jumlah pada suatu bilangan
g.
Anak dapat mengenal bilangan
h.
Anak dapat mengenal bentuk dari suatu benda
i.
Anak dapat menyayikan lagu yang
berkaitan dengan tema
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
Penyambutan ± 10 menit |
* Menyambut
kedatangan anak |
|
|
|
3.3-4.3 (FM) |
* Nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjaga anggota
tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh. |
Lingkaran Pagi ± 10 menit |
* Anak membuat
formasi melingkar di halaman terbuka * Bersama guru,
anak melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu |
Demonstrasi |
|
Guru, anak,kaset, Tape |
|
|
Transisi ± 10 menit |
* Toilet Training * Minum * Duduk di
tempat masing-masing * Mengkondisikan
anak untuk siap mengikuti pelajaran |
|
|
|
3.1-4.1 (Nam) |
* Doa-doa(doa
sebelum dan sesudah belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan
bangun tidur,doa untuk kedua orang tua),mengenal hari-hari besar agama,tempat
ibadah dan lainnya sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali
bila ada kesediaan orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
Materi Pagi/ Kegiatan Awal ± 30 menit |
* Salam * Doa sebelum kegiatan *
Bernyayi,Absensi |
|
|
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
3.10-4.10 (bahasa) |
* Menjawab
dengan tepat ketika ditanya |
|
* pembahasan
tema,tanya jawab tentang: - identitas diri ( nama,jenis kelamin,alamat nama orang tua) - badanku(badan
yg sehat dan sakit,kebersihan badan,dll) - wajahku( bentuk wajar,ciri-ciri diwajah) - tanganku(bentuk,fungsi,dll) - kakiku |
Tanya Jawab |
Gambar |
Buku cerita, Pengalaman anak |
3.6-4.6 (KOG) 3.6-4.6 3.14-4.14 |
* Mengenal
hubungan satu ke satu,satu ke banyak,kelompok ke kelompok * Mengenal besar
kecil,berat ringan,sebentar-lama,bilangan satuan-puluhan * Membuat karya
sesuai dengan gagasannya,dst |
Kegiatan Inti ± 60 menit |
* Menghubungkan
garis lurus pada gambar. anak dengan bilangan,misalnya satu anak dengan angka
1 * Membilang gbr
anggota tubuh,anak,wajah anak,jari tangan anak,jari kaki anak *Membuat bentuk anak laki-laki dan
perempuan,tubuh,wajah anaktangan anak,kaki anak dgn plastisin, |
Penugasan individu Unjuk kerja Penugasan individu |
Maze, spidol Kartu gambar, Plastisin |
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Istirahat ± 30 menit |
* Doa sebelum
dan sesudah makan * Mencuci tangan * Makan bersama * Membereskan
peralatan makan sendiri * Bermain be...........................
di halaman sekolah |
|
* Air * Sabun * Serbet * Bekal * Alat Main |
|
3.15-5.15 (SENI) |
* Mengenal berbagai
hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni musik,
karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Akhir ± 30 menit |
* Tanya jawab
tentang kegiatan hari ini * Menyanyi lagu AKU * Berdoa sesudah
kegiatan, salam |
Unjuk kerja |
|
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK
Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................
...........................
NIP. ...........................
NIP............................
RPPM DAN RPPH
KURIKULUM NASIONAL
TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA
KECAMATAN
...........................
KELOMPOK USIA : 5-6 TAHUN
SEMESTER :
I
MINGGU :
2
TEMA :
DIRI SENDEIRI
SUB TEMA :
CIRI-CIRI DAN KESUKAANKU
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN
KANAK-KANAK PEMBINA ...........................
TAHUN
PELAJARAN ....................
Tema : Diri Sendiri
Sub Tema : Ciri-ciri dan kesukaanku
Kelompok Usia : 5-6 Tahun (B)
Minggu ke : 1
Alokasi waktu : senin – sabtu tgl
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Nilai Agama dan Moral |
* 3.1-4.1
Mengenal dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan
orang dewasa |
* Doa-doa(doa sebelum dan sesudah
belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan bangun tidur,doa untuk
kedua orang tua,mengenal hari-hari besar agama,tempat ibadah dan lainnya
sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali bila ada kesediaan
orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
* Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah
kegiatan |
* Berdoa sebelum kegiatan |
Pengajaran
Langsung, Observasi |
|
|
|
|
|
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Fisik Motorik |
*
3.3-4.3 Mengenal dan
menggunakan angggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan halus |
*
Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan
untuk menjaga anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih
motorik kasar dalam kelenturan,
kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh |
*
Anak terampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu |
*
Melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu
|
Demonstrasi
|
Sosial Emosional |
*
2.5 memiliki perilaku yg mencerminkan sikap percaya diri |
*
Kebiasaan menyapa guru saat penyambutan |
*
Anak terbiasa memperilaku percaya diri |
*
Menyambut kedatangan anak |
Pengajaran
langsung Observasi |
Kognitif |
*
3.6-4.6 Mengenal dan
menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan
Ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya |
*
Pengelompokkan (berdasarkan warna
,bentuk,ukuran,fungsi,warna-bentuk,warna-ukuran,ukuran –bentuk,warna-ukuran-bentuk) |
*
Anak dapat mengenal konsep pengelompokkan berdasarkan fungsi,bentuk
dan warna. |
* Menyebutkan benda-benda yg
mempunyai warna yg sama pada tema yg berkaitan dengan
:ciri-ciriku,makananku,minumanku,warna kesukaanku,pakaianku |
Penugasan
individu |
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI
DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Bahasa |
* 3.10-4.10
Memahami dan menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan
membaca) |
* Menjawab dengan tepat ketika ditanya |
*
Anak dapat mengetahui tentang : * ciri-ciriku *
makananku *
minumanku *
warna kesukaanku *
pakaianku Melalui kegiatan tanya jawab |
*
Tanya jawab tentang: * ciri-ciriku *
makananku *
minumanku *
warna kesukaanku *
pakaianku |
Tanya jawab |
|
*3.12-4.12
Mengenal dan menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya |
* menulis
huruf |
* anak
dapat mengenal huruf melalui kegiatan menulis |
* Menulis
huruf yg berkaitan dengan kata-kata: ciri-ciriku,makananku,minumanku,warna
kesukaanku,pakaianku |
|
Seni |
*
3.15-5.15 Mengenal dan
menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan media |
*
Mengenal berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,
seni suara, seni musik, karya tangan dan lainnya. |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema *
Anak dapat mengenal berbagai kombinasi warna *
Anak dapat membuat karya seni berdasarkan kreativitasnya |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema * Mewarnai gambar yg berkaitan
dengan tema,misalnya gambar anak laki-laki dan perempuan,dll sesuia dengan
ide masing-masing |
Unjuk kerja
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ...........................
NIP,...........................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
C.
IDENTITAS
Nama Lembaga :
TK NEGERI PEMBINA
Semester/ Minggu : I/ 2
Tema/ Sub Tema :
Diri Sendiri /ciri-ciriku dan kesukaanku
Hari/ Tanggal :
Senin-sabtu,tgl
D.
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
3.
Kompetensi Dasar: 3.1-4.1, 3.3-4.3,2.5, 3.6-4.6,3.10-4.10,3.12-4.12,
3.15-4.15
4.
Tujuan Pembelajaran
a.
Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Anak terbiasa memiliki perilaku percaya diri
c.
Anak trampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu
d.
Anak dapat mengetahui tentang ciri-ciri dan kesukaannya melalui kegiatan
tanya jawab
e.
Anak dapat mengenal huruf melalui
kegiatan menulis
f.
Anak dapat mengenal konsep pengelompokkan berdasarkan fungsi ,bentuk dan
warna
g.
Anak dapat membuat karya seni berasarkan kreativitasnya
h.
Anak dapat mengenal berbagai kombinasi warna
i.
Anak dapat menyanyikan lagu yg berkaitan dengan tema
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
Penyambutan ± 10 menit |
* Menyambut
kedatangan anak |
|
|
|
3.3 4.3 (FM) |
* Nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjaga anggota
tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh. |
Lingkaran Pagi ± 10 menit |
* Anak membuat formasi
melingkar di halaman terbuka * Bersama guru,
anak melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu |
Demonstrasi |
|
Guru, anak,kaset, Tape |
|
|
Transisi ± 10 menit |
* Toilet
Training * Minum * Duduk di
tempat masing-masing * Mengkondisikan
anak untuk siap mengikuti pelajaran |
|
|
|
3.1-4.1 (Nam) |
* Doa-doa(doa
sebelum dan sesudah belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan
bangun tidur,doa untuk kedua orang tua),mengenal hari-hari besar agama,tempat
ibadah dan lainnya sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali
bila ada kesediaan orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
Materi Pagi/ Kegiatan Awal ± 30 menit |
* Salam * Doa sebelum
kegiatan *
Bernyayi,Absensi |
|
|
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
3.10-4.10 (bahasa) |
* Menjawab
dengan tepat ketika ditanya |
|
* pembahasan
tema,tanya jawab tentang: - ciri-ciriku ( bentuk tubuh,bentuk wajah,dll) - makanan
kesukaanku(kue,bakso,buah-buahan,dll) - minumanku( susu,sirup,air putih,dll) - warna kesukaanku(merah,putih,biru,dll) - pakaian
kesukaanku(rok,celana,topi,dll) |
Tanya Jawab |
Gambar |
Buku cerita, Pengalaman anak |
(KOG) 3.12-4.12 3.6-4.6 3.15-4.15 |
* Menulis huruf *
Mengelompokkan(berdasarkan
warna,bentuk,ukuran,fungsi,warna-bentuk,warna-uuran-bentuk) * Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,seni suara,seni
musik,karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Inti ± 60 menit |
* menulis :
AKU,DONAT,SUSU,MERAH,CELANA * Menyebutkan
anak yg mempunyai ciri-ciri yg sama,buah-buahan yg memiliki warna yg
sama,minuman yg memiliki warna yg sama,kertas yg warnanya sama.pakaian yg
memiliki warna yg sama *Mewarnai gambar anak laki-laki dan perempuan,gambar
donat,sirup,lingkaran dan segi empat,rok-celana |
Penugasan individu Unjuk kerja Penugasan individu |
LEMBAR KERJA,SPIDOL gambar gambar,krayon |
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Istirahat ± 30 menit |
* Doa sebelum
dan sesudah makan * Mencuci tangan * Makan bersama * Membereskan
peralatan makan sendiri * Bermain be...........................
di halaman sekolah |
|
* Air * Sabun * Serbet * Bekal * Alat Main |
|
3.15-4.15 (SENI) |
* Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni
musik, karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Akhir ± 30 menit |
* Tanya jawab
tentang kegiatan hari ini * Menyanyi lagu
AKU * Berdoa sesudah
kegiatan, salam |
Unjuk kerja |
|
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK
Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................
...........................
NIP. ...........................
NIP............................
RPPM DAN RPPH
KURIKULUM NASIONAL
TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA
KECAMATAN
...........................
KELOMPOK USIA :
5-6 TAHUN
SEMESTER :
I
MINGGU :
3
TEMA :
DIRI SENDIRI
SUB TEMA :
PANCA INDERA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN
KANAK-KANAK PEMBINA ...........................
TAHUN
PELAJARAN ....................
Tema : Diri Sendiri
Sub Tema : Panca indera
Kelompok Usia : 5-6 Tahun (B)
Minggu ke : 3
Alokasi waktu : senin – sabtu tgl
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Nilai Agama dan Moral |
* 3.1-4.1
Mengenal dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan
orang dewasa |
* Doa-doa(doa sebelum dan sesudah
belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan bangun tidur,doa untuk
kedua orang tua,mengenal hari-hari besar agama,tempat ibadah dan lainnya
sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali bila ada kesediaan
orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
* Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah
kegiatan |
* Berdoa sebelum kegiatan |
Pengajaran
Langsung, Observasi |
|
|
|
|
|
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Fisik Motorik |
*
3.3-4.3 Mengenal dan
menggunakan angggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan halus |
*
Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan
untuk menjaga anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih
motorik kasar dalam kelenturan, kekuatan,
kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh |
*
Anak terampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu |
*
Melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu |
Demonstrasi
|
Sosial Emosional |
*
2.7 memiliki perilaku yg mencerminkan sikap taat terhadap aturan
sehari-hari untuk melatih kedisiplinan |
*
Sikap mau menunggu giliran,mau mendengarkan ketika orang lain
berbicara. |
*
Anak terbiasa memperilaku yang mencerminkan kemandirian. |
*
Mencuci tangan |
Pengajaran
langsung Observasi |
Kognitif |
*
3.6-4.6 Mengenal dan
menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan Ciri-ciri
lainnya) melalui berbagai hasil karya |
*
mengenal pola (AB-AB,ABC-ABC,AAB-AAB) |
*
Anak dapat mengenal pola berdasarkan ukuran dan bentuk |
* Mengurutkan gambar berdasarkan
pola misalnya besar kecil |
Penugasan
individu |
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI
DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Bahasa |
* 3.10-4.10
Memahami dan menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan
membaca) |
* Menjawab dengan tepat ketika ditanya |
*
Anak dapat mengetahui tentang : Macam-macam panca indera Melalui kegiatan tanya jawab |
*
Tanya jawab tentang: *
mata * hidung * teling * lidah * kulit |
Tanya jawab |
|
*3.12-4.12
Mengenal dan menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya |
* menulis
huruf |
* anak
dapat mengenal huruf melalui kegiatan menulis |
* Menulis
huruf yg berkaitan dengan panca indera:mata hidung,telinga,lidah,kulit. |
|
Seni |
*
3.15-5.15 Mengenal dan
menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan media |
*
Mengenal berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,
seni suara, seni musik, karya tangan dan lainnya. |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema *
Anak dapat mengenal berbagai kombinasi warna *
Anak dapat membuat karya seni berdasarkan kreativitasnya |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema * Mewarnai gambar yg berkaitan
dengan tema,misalnya gambar mata,hidung,telinga,lidah,kulit. |
Unjuk kerja
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ...........................
NIP,...........................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN HARIAN
A.
IDENTITAS
Nama Lembaga : TK NEGERI PEMBINA
Semester/
Minggu : I/ 3
Tema/ Sub
Tema : Diri Sendiri
/Panca indera
Hari/ Tanggal : Senin-sabtu,tgl
B.
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kompetensi Dasar: 3.1-4.1, 3.3-4.3,2.7, 3.6-4.6,3.10-4.10,3.12-4.12,
3.15-4.15
2.
Tujuan Pembelajaran
a.
Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Anak trampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu
c.
Anak terbiasa memiliki perilaku yg mencerminkan kemandirian
d.
Anak dapat mengenal pola berdasarkan ukuran atau bentuk
e.
Anak dapat mengetahui tentang panca indera melalui kegiatan tanya jawab.
f.
Anak dapat membuat karya seni berasarkan kreativitasnya
g.
Anak dapat mengenal berbagai kombinasi warna
h.
Anak dapat menyanyikan lagu yg berkaitan dengan tema
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
Penyambutan ± 10 menit |
* Menyambut
kedatangan anak |
|
|
|
3.3 4.3 (FM) |
* Nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjaga anggota
tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh. |
Lingkaran Pagi ± 10 menit |
* Anak membuat
formasi melingkar di halaman terbuka * Bersama guru,
anak melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu |
Demonstrasi |
|
Guru, anak,kaset, Tape |
|
|
Transisi ± 10 menit |
* Toilet
Training * Minum * Duduk di
tempat masing-masing * Mengkondisikan
anak untuk siap mengikuti pelajaran |
|
|
|
3.1-4.1 (Nam) |
* Doa-doa(doa
sebelum dan sesudah belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan
bangun tidur,doa untuk kedua orang tua),mengenal hari-hari besar agama,tempat
ibadah dan lainnya sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali
bila ada kesediaan orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
Materi Pagi/ Kegiatan Awal ± 30 menit |
* Salam * Doa sebelum
kegiatan *
Bernyayi,Absensi |
|
|
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
3.10-4.10 (bahasa) |
* Menjawab
dengan tepat ketika ditanya |
|
* pembahasan
tema,tanya jawab tentang: - mata ( kegunaan,bentuk,menjaga kesehatan
mata,dll) -
hidung(kegunaan,bentuk,menjaga kebersihan hidungdll) - telinga( kegunaan,bentuk,menjaga kebersihan
telinga,dll) - lidah(kegunaan,bentuk,menjaga kebersihan
lidah,dll) - kulit(kegunaan,bentukmenjaga kebersihan
kulit,dll) |
Tanya Jawab |
Gambar |
Buku cerita, Pengalaman anak |
(BHS) 3.12-4.12 3.6-4.6 (KOG) 3.15-4.15 (SENI) |
* Menulis huruf * Mengenal pola
AB-AB,ABC-ABC,AAB-AAB * Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,seni suara,seni
musik,karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Inti ± 60 menit |
* menulis :
MATA,HIDUNG,TELINGA,LIDAH,KULIT * Mengurutkan
gambar mata,hidung,telinga,lidah,kulit sesuai dengan pola besar kecil. *Mewarnai gambar mata,hidung,telinga,lidah,kulit |
Penugasan individu Unjuk kerja Penugasan individu |
BUKU,PENSIL GAMBAR,SPIDOL gambar,krayon |
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Istirahat ± 30 menit |
* Doa sebelum
dan sesudah makan * Mencuci tangan * Makan bersama * Membereskan
peralatan makan sendiri * Bermain be...........................
di halaman sekolah |
|
* Air * Sabun * Serbet * Bekal * Alat Main |
|
3.15-4.15 (SENI) |
* Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni
musik, karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Akhir ± 30 menit |
* Tanya jawab
tentang kegiatan hari ini * Menyanyi lagu
DUA MATA SAYA * Berdoa sesudah
kegiatan, salam |
Unjuk kerja |
|
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK
Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................
...........................
NIP. ...........................
NIP............................
RPPM DAN RPPH
KURIKULUM NASIONAL
TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA
KECAMATAN ...........................
KELOMPOK USIA : 5-6 TAHUN
SEMESTER :
I
MINGGU :
4
TEMA :
LINGKUNGANKU
SUB TEMA :
ANGGOTA KELUARGA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN
KANAK-KANAK PEMBINA ...........................
TAHUN
PELAJARAN ....................
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Anggota Keluarga
Kelompok Usia : 5-6 Tahun (B)
Minggu ke : 4
Alokasi waktu : senin – sabtu tgl
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Nilai Agama dan Moral |
* 3.1-4.1
Mengenal dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan
orang dewasa |
* Doa-doa(doa sebelum dan sesudah
belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan bangun tidur,doa untuk
kedua orang tua,mengenal hari-hari besar agama,tempat ibadah dan lainnya
sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali bila ada kesediaan
orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
* Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah
kegiatan |
* Berdoa sebelum kegiatan |
Pengajaran
Langsung, Observasi |
|
|
|
|
|
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Fisik Motorik |
*
3.3-4.3 Mengenal dan
menggunakan angggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan halus |
*
Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan
untuk menjaga anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih
motorik kasar dalam kelenturan,
kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh *
Keterampilan motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan
telinga,kelenturan pergelangan tangan,kekuatan dan kelenturan jari-jari
tangan melalui kegiatan antara lain:
meremas,menjumput,meronce,menggunting,menjahit,mengancingkan baju,menali
sepatu,menggambar,menempel,makan,dll. |
*
Anak terampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu * Anak
dapat mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan melalui kegiatan menggunting |
*
Melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu *Mengguting pola baju : * ayah * Ibu * kakak * adik * kakek |
Demonstrasi
*Unjuk
kerja |
Sosial Emosional |
*
2.9 memiliki perilaku yang mencerminkan sikap perduli dan mau |
*
mau menemani teman melakukan kegiatan bersama |
*
Anak terbiasa memperilaku yang mencerminkan kebersamaan |
*
Bermain be........................... dihalaman sekolah |
Pengajaran
langsung Observasi |
Kognitif |
*
3.6-4.6 Mengenal dan
menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan Ciri-ciri
lainnya) melalui berbagai hasil karya |
*
Mengenal besar kecil ,berat
ringan,sebentar-lama,bilangan(satuan-puluhan) |
*
Anak dapat meniru angka |
* Meniru bilangan berdasarkan
jumlah pada gambar : * AYAH * IBU * KAKAK * ADIK * KAKEK |
Penugasan
individu |
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI
DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Bahasa |
* 3.10-4.10
Memahami dan menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan
membaca) |
* Menjawab dengan tepat ketika ditanya |
*
Anak dapat mengetahui tentang anggota keluarga : *
Ayah *
Ibu *
kakak *
adik *
kakek Melalui kegiatan tanya jawab |
*
Tanya jawab tentang anggota keluarga: *
Ayah *
Ibu *
kakak *
adik *
kakek |
Tanya jawab |
|
|
|
|
|
|
Seni |
*
3.15-5.15 Mengenal dan
menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan media |
*
Mengenal berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,
seni suara, seni musik, karya tangan dan lainnya. |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema *
Anak dapat membuat karya seni berdasarkan kreativitasnya |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema * Mewarnai gambar yg berkaitan
dengan tema,misalnya gambar ayah,ibu,kakak,adik,kakek |
Unjuk kerja
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ...........................
NIP,...........................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
E.
IDENTITAS
Nama Lembaga :
TK NEGERI PEMBINA
Semester/ Minggu : I/ 4
Tema/ Sub Tema :
Lingkunganku/Anggota Keluarga
Hari/ Tanggal :
Senin-sabtu,tgl
F.
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
i.
Kompetensi Dasar: 3.1-4.1, 3.3-4.3,2.5,3.10-4.10,2.9,3.6-4.6, 3.15-4.15
j.
Tujuan Pembelajaran
a.
Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Anak terbiasa memiliki perilaku yg mencerminkan kebersamaan
c.
Anak trampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu
d.
Anak dapat mengetahui tentang anggota keluarga melalui kegiatan tanya jawab
e.
Anak dapat meniru angka
f.
Anak dapat mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan melalui kegiatan
menggunting
g.
Anak dapat membuat karya seni berasarkan kreativitasnya
h.
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
Penyambutan ± 10 menit |
* Menyambut
kedatangan anak |
|
|
|
3.3 4.3 (FM) |
* Nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjaga anggota
tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh. |
Lingkaran Pagi ± 10 menit |
* Anak membuat
formasi melingkar di halaman terbuka * Bersama guru,
anak melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu |
Demonstrasi |
|
Guru, anak,kaset, Tape |
|
|
Transisi ± 10 menit |
* Toilet
Training * Minum * Duduk di
tempat masing-masing * Mengkondisikan
anak untuk siap mengikuti pelajaran |
|
|
|
3.1-4.1 (Nam) |
* Doa-doa(doa
sebelum dan sesudah belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan
bangun tidur,doa untuk kedua orang tua),mengenal hari-hari besar agama,tempat
ibadah dan lainnya sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali
bila ada kesediaan orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
Materi Pagi/ Kegiatan Awal ± 30 menit |
* Salam * Doa sebelum
kegiatan *
Bernyayi,Absensi |
|
|
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
3.10-4.10 (bahasa) |
* Menjawab
dengan tepat ketika ditanya |
|
* pembahasan
tema,tanya jawab tentang Anggota keluarga: - Ayah (nama ayah,tugas dan peran ayah,pekerjaan ayah,dll) - Ibu(nama
ibu,tugas ibu dan peran ibu,pekerjaan ibu,dll) - Kakak(tugas dan peran kakak,pekerjaan kakak,dll) - Adiku(nama adik,umur adik,dll) - Kakek(nama
kakektugas kakek,peran kakek,pekerjaan kakek,dll) |
Tanya Jawab |
Gambar |
Buku cerita, Pengalaman anak |
3.6-4.6 (KOG) 3.3-4.3 3.15-4.15 |
* Mengenal
besar-kecil,berat-ringan,sebentar-lama,bilangan9satuan-puluhan) * Keterampilan
motorik halus untuk melatih koordinasi
mata dan tangan,kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan melalui kegiatan
antara lain: meremas,menjumput,meronce,menggunting,menjahit,mengancing
baju,menali sepatu,menggambar,menempel,dll * Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,seni suara,seni
musik,karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Inti ± 60 menit |
* meniru anggka
yg sesuai dengan jumlah Ayah,Ibu,Kakak,Adik,Kakek * Menggunting
bentuk pola baju AYAH,Ibu,Kakak,Adik,Srung kakek *Mewarnai bentuk pola baju ayah,ibu,kakak,adik,kakek sesuai
dengan ide masing-masing |
Penugasan individu Unjuk kerja Penugasan individu |
LEMBAR KERJA,pensil Pola,gunting pola,krayon |
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Istirahat ± 30 menit |
* Doa sebelum
dan sesudah makan * Mencuci tangan * Makan bersama * Membereskan
peralatan makan sendiri * Bermain be...........................
di halaman sekolah |
|
* Air * Sabun * Serbet * Bekal * Alat Main |
|
3.15-5.15 (SENI) |
* Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni
musik, karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Akhir ± 30 menit |
* Tanya jawab
tentang kegiatan hari ini * Menyanyi lagu
tentang keluarga * Berdoa sesudah
kegiatan, salam |
Unjuk kerja |
|
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK
Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ...........................
NIP,...........................
RPPM DAN RPPH
KURIKULUM NASIONAL
TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA
KECAMATAN ...........................
KELOMPOK USIA : 5-6 TAHUN
SEMESTER :
I
MINGGU :
5
TEMA :
LINGKUNGANKU
SUB TEMA :
KEBIASAAN KELUARGA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN
KANAK-KANAK PEMBINA ...........................
TAHUN PELAJARAN
....................
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Kebiasaan keluarga
Kelompok Usia : 5-6 Tahun (B)
Minggu ke : 5
Alokasi waktu : senin – sabtu tgl
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Nilai Agama dan Moral |
* 3.1-4.1
Mengenal dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan
orang dewasa |
* Doa-doa(doa sebelum dan sesudah
belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan bangun tidur,doa untuk
kedua orang tua,mengenal hari-hari besar agama,tempat ibadah dan lainnya
sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali bila ada kesediaan
orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
* Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah
kegiatan |
* Berdoa sebelum kegiatan |
Pengajaran
Langsung, Observasi |
|
|
|
|
|
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Fisik Motorik |
*
3.3-4.3 Mengenal dan
menggunakan angggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan halus |
*
Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan
untuk menjaga anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih
motorik kasar dalam kelenturan, kekuatan,
kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh |
*
Anak terampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu |
*
Melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu
|
Demonstrasi
|
Sosial Emosional |
*
3.14-4.14 mengenali dan mengungkapkan kebutuhan,keinginan dan minat
dirinya dengan cara yg tepat |
*
Membuat karya sesuai dengan gagasannya,dst |
*
Anak dapat melatih keterampilan diri * Anak terampil membuat karya seni
sesuai dengan gagasannya * Anak dapat mengenal bentuk dari
suatu benda |
*
Membuat bentuk benda-benda yg berhubungan dengan menggunakan plastisin
mis: * Bentuk rumah * mesjid * mobil *panci *sendok |
Penugasan
individu |
Kognitif |
*
3.6-4.6 Mengenal dan
menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan
Ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya |
*
Mengenal hubungan satu ke satu,satu ke banyak,kelompok ke kelompok * Mengenal besar
kecil,berat-ringan,sebentar-lama,bilangan (puluhan-satuan) |
*
Anak dapat mengenal konsep jumlah pada suatu bilangan *Anak dapat
mengenal bilangan |
* Menghubungkan garis lurus pada
gambar dengan bilangan yg sesuai pada tema * gambar
rumah,mesjid,mobil,panci,sendok Membilang gambar :
rumah,mesjid,mobil,panci,sendok |
Penugasan
individu |
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI
DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Bahasa |
* 3.10-4.10
Memahami dan menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan
membaca) |
* Menjawab dengan tepat ketika ditanya |
*
Anak dapat mengetahui tentang kebiasaan keluarga : * Silaturrahmi *
Sholat berjamaah *
berlibur *
membantu ibu *
makan bersama Melalui kegiatan tanya jawab |
*
Tanya jawab tentang kebiasaan keluarga: * Silaturrahmi *
Sholat berjamaah *
berlibur *
membantu ibu
* makan bersama |
Tanya jawab |
|
|
|
|
|
|
Seni |
*
3.15-4.15 Mengenal dan
menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan media |
*
Mengenal berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,
seni suara, seni musik, karya tangan dan lainnya. |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema |
Unjuk kerja
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ...........................
NIP,...........................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
G.
IDENTITAS
Nama Lembaga :
TK NEGERI PEMBINA
Semester/ Minggu : I/ 5
Tema/ Sub Tema :
Lingkungan ku /Kebiasaan keluarga
Hari/ Tanggal :
Senin-sabtu,tgl
H.
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kompetensi Dasar: 3.1-4.1, 3.3-4.3,3.10-4.10,3.14-4.14,3.6-4.6, 3.15-4.15
2.
Tujuan Pembelajaran
a.
Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Anak trampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu
c.
Anak dapat mengetahui tentang kebiasaan keluarga melalui kegiatan tanya
jawab
d.
Anak trampil membuat karya seni sesuai dengan gagasannya
e.
Anak dapat melatih keterampilan diri
f.
Anak dapat mengenal konsep jumlah pada suatu bilangan
g.
Anak dapat mengenal bilangan
h.
Anak dapat mengenal bentuk dari suatu benda
i.
Anak dapat menyanyikan lagu yg berkaitan dengan tema
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
Penyambutan ± 10 menit |
* Menyambut
kedatangan anak |
|
|
|
3.3 4.3 (FM) |
* Nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjaga anggota
tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh. |
Lingkaran Pagi ± 10 menit |
* Anak membuat
formasi melingkar di halaman terbuka * Bersama guru,
anak melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu |
Demonstrasi |
|
Guru, anak,kaset, Tape |
|
|
Transisi ± 10 menit |
* Toilet
Training * Minum * Duduk di
tempat masing-masing * Mengkondisikan
anak untuk siap mengikuti pelajaran |
|
|
|
3.1-4.1 (Nam) |
* Doa-doa(doa
sebelum dan sesudah belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan
bangun tidur,doa untuk kedua orang tua),mengenal hari-hari besar agama,tempat
ibadah dan lainnya sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali
bila ada kesediaan orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
Materi Pagi/ Kegiatan Awal ± 30 menit |
* Salam * Doa sebelum
kegiatan *
Bernyayi,Absensi |
|
|
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
3.10-4.10 (bahasa) |
* Menjawab
dengan tepat ketika ditanya |
|
* pembahasan
tema,tanya jawab tentang kebiasaan keluarga: - silaturrahmi ( arti,manfaan silaturrahmi,dll) - sholat berjamaah(arti
,manfaat sholat berjamaah,dll) - berlibur( arti,manfaat berlibur,dll) - membantu ibu(membantu ibu membersihkan
rumah,,menjaga adik,memasak,dll) - makan
bersama(sarapan,makan siang,makan malam,dll) |
Tanya Jawab |
Gambar |
Buku cerita, Pengalaman anak |
3.6-4.6 (KOG) 3.6-4.6 3.14-4.14 |
* Mengenal
hubungan satu ke satu,satu ke banyak,kelompok ke kelompok * Mengelompokkan
besar kecil,berat-ringan,lama-sebentar,bilangan(satuan-puluhan) * Membuat karya
sesuai dengan gagasannya |
Kegiatan Inti ± 60 menit |
* menghubungkan
garis lurus pada gambar rumah,mesjid,mobil,panci,sendok dengan angka * Membilang
gambar rumah,mesjid,mobil,panci,sendok *Membuat bentuk rumah,mesjid,mobil,panci,sendok dengan
menggunakan plastisin |
Penugasan individu Unjuk kerja Penugasan individu |
LEMBAR KERJA,SPIDOL gambar plastisin |
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Istirahat ± 30 menit |
* Doa sebelum
dan sesudah makan * Mencuci tangan * Makan bersama * Membereskan
peralatan makan sendiri * Bermain be...........................
di halaman sekolah |
|
* Air * Sabun * Serbet * Bekal * Alat Main |
|
3.15-5.15 (SENI) |
* Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni
musik, karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Akhir ± 30 menit |
* Tanya jawab
tentang kegiatan hari ini * Menyanyi lagu
sesuai dengan tema TEKO KECIL * Berdoa sesudah
kegiatan, salam |
Unjuk kerja |
|
|
Mengetahui
...........................,
Kepala TK
Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ...........................
NIP,...........................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar