RPPM DAN RPPH
KURIKULUM NASIONAL
TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA
KECAMATAN ...........................
KELOMPOK USIA :
5-6 TAHUN
SEMESTER :
I
MINGGU :
6
TEMA :
LINGKUNGANKU
SUB TEMA :
RUMAH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN
KANAK-KANAK PEMBINA ...........................
TAHUN
PELAJARAN ....................
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Rumah
Kelompok Usia : 5-6 Tahun (B)
Minggu ke : 6
Alokasi waktu : senin – sabtu tgl
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Nilai Agama dan Moral |
* 3.1-4.1
Mengenal dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan
orang dewasa |
* Doa-doa(doa sebelum dan sesudah belajar,doa
sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan bangun tidur,doa untuk kedua orang
tua,mengenal hari-hari besar agama,tempat ibadah dan lainnya sesuai dengan
agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali bila ada kesediaan orang tua
menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
* Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah
kegiatan |
* Berdoa sebelum kegiatan |
Pengajaran
Langsung, Observasi |
|
|
|
|
|
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Fisik Motorik |
*
3.3-4.3 Mengenal dan
menggunakan angggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan halus |
*
Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan
untuk menjaga anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih
motorik kasar dalam kelenturan,
kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh |
*
Anak terampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu |
*
Melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu
|
Demonstrasi
|
Sosial Emosional |
*
2.5 memiliki perilaku yg mencerminkan sikap percaya diri |
*
Kebiasaan menyapa guru saat penyambutan |
*
Anak terbiasa memperilaku percaya diri |
*
Menyambut kedatangan anak |
Pengajaran
langsung Observasi |
Kognitif |
*
3.6-4.6 Mengenal dan
menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan
Ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya |
*
Pengelompokkan (berdasarkan warna ,bentuk,ukuran,fungsi,warna-bentuk,warna-ukuran,ukuran
–bentuk,warna-ukuran-bentuk) |
*
Anak dapat mengenal konsep pengelompokkan berdasarkan fungsi,bentuk
dan warna. |
* Menyebutkan benda-benda apa
saja yg ada pada gambar: rumah,kantor,mesjid,kandang,hotel |
Penugasan
individu |
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI
DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Bahasa |
* 3.10-4.10
Memahami dan menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan
membaca) |
* Menjawab dengan tepat ketika ditanya |
* Anak dapat mengetahui tentang : Berbagai macam bentuk rumah Melalui kegiatan tanya jawab |
*
Tanya jawab tentang: * rumah * kantor *
miesjid *
kandang *
hotel |
Tanya jawab |
|
*3.12-4.12
Mengenal dan menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya |
* menulis
huruf |
* anak
dapat mengenal huruf melalui kegiatan menulis |
* Menulis
huruf yg berkaitan dengan kata-kata: rumah,kantor,mesjid, kandang,hotel. |
|
Seni |
*
3.15-5.15 Mengenal dan
menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan media |
*
Mengenal berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,
seni suara, seni musik, karya tangan dan lainnya. |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema *
Anak dapat mengenal berbagai kombinasi warna *
Anak dapat membuat karya seni berdasarkan kreativitasnya |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema RUMAH * Mewarnai gambar yg berkaitan
dengan tema,misalnya gambar rumah,kantor,mesjid,kandang ,hotel |
Unjuk kerja
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ...........................
NIP,...........................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
A.
IDENTITAS
Nama Lembaga :
TK NEGERI PEMBINA
Semester/ Minggu : I/ 6
Tema/ Sub Tema :
Lingkungan ku /rumah
Hari/ Tanggal :
Senin-sabtu,tgl
B.
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kompetensi Dasar: 3.1-4.1, 3.3-4.3,2.5,3.6-4.6 3.10-4.10,3.12-4.12,3.15-4.15
2.
Tujuan Pembelajaran
a.
Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Anak terbiasa memiliki perilaku percaya diri
c.
Anak trampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu
d.
Anak dapat mengetahui tentang macam-macam rumah melalui kegiatan tanya
jawab
e.
Anak dapat mengenal huruf melalui kegiatan menulis
f.
Anak dapat mengenal konsep pengelompokkan berdasarkan fungsi,bentuk dan warna
g.
Anak dapat membuat karya seni berdasarkan kreativitasnya
h.
Anak dapat mengenal berbagai kombinasi warna
i.
Anak dapat menyanyikan lagu yg berkaitan dengan tema
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
Penyambutan ± 10 menit |
* Menyambut
kedatangan anak |
|
|
|
3.3 4.3 (FM) |
* Nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjaga anggota
tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh. |
Lingkaran Pagi ± 10 menit |
* Anak membuat
formasi melingkar di halaman terbuka * Bersama guru,
anak melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu |
Demonstrasi |
|
Guru, anak,kaset, Tape |
|
|
Transisi ± 10 menit |
* Toilet
Training * Minum * Duduk di
tempat masing-masing * Mengkondisikan
anak untuk siap mengikuti pelajaran |
|
|
|
3.1-4.1 (Nam) |
* Doa-doa(doa
sebelum dan sesudah belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan
bangun tidur,doa untuk kedua orang tua),mengenal hari-hari besar agama,tempat
ibadah dan lainnya sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali
bila ada kesediaan orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
Materi Pagi/ Kegiatan Awal ± 30 menit |
* Salam * Doa sebelum
kegiatan *
Bernyayi,Absensi |
|
|
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
3.10-4.10 (bahasa) |
* Menjawab
dengan tepat ketika ditanya |
|
* pembahasan
tema,tanya jawab tentang: - Rumahku ( alamat,ciri-ciri rumahku,dll) -
kantor(macam-macam kantor,kegiatan yg dilaksanakan dikantor,dll) - mesjid(bentuk,kegiatan yg dilaksanakan
dimesjid,dll) - kandang(kandang sapi,ayam,burung,dll) - hotel(fungsi
hotel,letak hotel,dll) |
Tanya Jawab |
Gambar |
Buku cerita, Pengalaman anak |
3.12-4.12 (BHS) 3.6-4.6 (KOG) 3.15-4.15 (SENI) |
* Menulis huruf *
Mengelompokkan(berdasarkan warna,bentuk,ukuran,fungsi,warna-bentuk,warna-ukuran-bentuk) * Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,seni suara,seni
musik,karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Inti ± 60 menit |
* menulis :
RUMAH,KANTOR,MESJID,KANDANG,HOTEL * Menyebutkan benda
apa saja yg ada di rumah,kantor,mesjid,kandang,hotel. *Mewarnai gambar RUMAH,KANTOR,MESJID,KANDANG,HOTEL |
Penugasan individu Unjuk kerja Penugasan individu |
LEMBAR KERJA,SPIDOL gambar gambar,krayon |
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Istirahat ± 30 menit |
* Doa sebelum
dan sesudah makan * Mencuci tangan * Makan bersama * Membereskan
peralatan makan sendiri * Bermain be...........................
di halaman sekolah |
|
* Air * Sabun * Serbet * Bekal * Alat Main |
|
3.15-5.15 (SENI) |
* Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni
musik, karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Akhir ± 30 menit |
* Tanya jawab
tentang kegiatan hari ini * Menyanyi lagu
RUMAH * Berdoa sesudah
kegiatan, salam |
Unjuk kerja |
|
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK
Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ...........................
NIP,...........................
RPPM DAN RPPH
KURIKULUM NASIONAL
TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA
KECAMATAN ...........................
KELOMPOK USIA : 5-6 TAHUN
SEMESTER :
I
MINGGU :
7
TEMA :
LINGKUNGANKU
SUB TEMA :
SEKOLAH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN
KANAK-KANAK PEMBINA ...........................
TAHUN
PELAJARAN ....................
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Sekolah
Kelompok Usia : 5-6 Tahun (B)
Minggu ke : 7
Alokasi waktu : senin – sabtu tgl
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Nilai Agama dan Moral |
* 3.1-4.1
Mengenal dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan
orang dewasa |
* Doa-doa(doa sebelum dan sesudah
belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan bangun tidur,doa untuk
kedua orang tua,mengenal hari-hari besar agama,tempat ibadah dan lainnya
sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali bila ada kesediaan
orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
* Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah
kegiatan |
* Berdoa sebelum kegiatan |
Pengajaran
Langsung, Observasi |
|
|
|
|
|
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Fisik Motorik |
*
3.3-4.3 Mengenal dan
menggunakan angggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan halus |
*
Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan
untuk menjaga anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih
motorik kasar dalam kelenturan,
kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh * Keterampilan motorik halus untuk
melatih koordinasi mata dan tangan,kelenturan pergelangan tangan,kekuatan dan
kelenturan jari jari tangan melalui kegiatan antara lain:meremas,menjumput,meronce,menggunting,menjahit,mengancing
baju,menali sepatu,menggambar,menempel,makan,dll |
*
Anak terampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu * Anak
dapat mengenal huruf melalui kegiatan menyusun huruf * Anak
dapat mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan |
*
Melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu Menyusun
huruf yg berkaitan dengan tema yaitu: kelasku,guruku,alat main,tata
tertib,teman-teman. |
Demonstrasi
Unjuk kerja |
Sosial Emosional |
*
2.7 memiliki perilaku yg mencerminkan sikap taat terhadap aturan
sehari-hari untuk melatih kedisiplinan |
*
sikap mau menunggu giliran,mau mendengarkan ketika orang lain
berbicara |
*
Anak terbiasa memiliki perilaku yg mencerminkan kemandirian |
*
Mencuci tangan |
Pengajaran
langsung Observasi |
Kognitif |
*
3.6-4.6 Mengenal dan
menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan Ciri-ciri
lainnya) melalui berbagai hasil karya |
*
Mengenal pola (AB-AB,ABC-ABC,AAB-AAB) |
*
Anak dapat Mengenal pola berdasarkan ukuran atau bentuk |
* Mengurutkan gambar berdasarkan
pola besar-kecil |
Penugasan
individu |
PROGRAM PENGEMBANGAN |
KOMPETENSI
DASAR |
MUATAN MATERI PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RENCANA KEGIATAN |
METODE |
Bahasa |
* 3.10-4.10
Memahami dan menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan
membaca) |
* Menjawab dengan tepat ketika ditanya |
*
Anak dapat mengetahui tentang : Berbagai macam bentuk rumah Melalui kegiatan tanya jawab |
*
Tanya jawab tentang: * kelasku * guruku *
alat mai *
tata tertib *
teman-teman |
Tanya jawab |
|
|
|
|
|
|
Seni |
*
3.15-5.15 Mengenal dan
menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan media |
*
Mengenal berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,
seni suara, seni musik, karya tangan dan lainnya. |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema *
Anak dapat membuat karya seni berdasarkan kreativitasnya |
*
Anak dapat menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema SEKOLAH * Menggambar be...........................
dengan ide masing-masing sesuai dengan tema yg berkaitan dengan lingkungan
sekolah yaitu: kelasku,guruku,alat main,tata tertib,teman-teman. |
Unjuk kerja
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ........................... NIP,...........................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
j.
IDENTITAS
Nama Lembaga :
TK NEGERI PEMBINA
Semester/ Minggu : I/ 7
Tema/ Sub Tema :
Lingkunganku/Sekolah
Hari/ Tanggal :
Senin-sabtu,tgl
k.
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
1
Kompetensi Dasar: 3.1-4.1,
3.3-4.3,3.10-4.10,2.7,3.6-4-6, 3.15-4.15
2
Tujuan Pembelajaran
a.
Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Anak terbiasa memiliki perilaku yg mencerminkan kemandirian
c.
Anak trampil menggunakan anggota tubuhnya dalam gerak dan lagu
d.
Anak dapat mengetahui tentang lingkungan sekolah melalui kegiatan tanya
jawab
e.
Anak dapat mengenal huruf melalui
kegiatan menyusun huruf
f.
Anak dapat mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan
g.
Anak dapat mengenal pola berdasarkan ukuran atau bentuk
h.
Anak dapat membuat karya seni berasarkan kreativitasnya
i.
Anak dapat menyanyikan lagu yg berkaitan dengan tema.
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
Penyambutan ± 10 menit |
* Menyambut
kedatangan anak |
|
|
|
3.3 4.3 (FM) |
* Nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjaga anggota
tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh. |
Lingkaran Pagi ± 10 menit |
* Anak membuat
formasi melingkar di halaman terbuka * Bersama guru,
anak melakukan kegiatan motorik melalui gerak dan lagu |
Demonstrasi |
|
Guru, anak,kaset, Tape |
|
|
Transisi ± 10 menit |
* Toilet
Training * Minum * Duduk di
tempat masing-masing * Mengkondisikan
anak untuk siap mengikuti pelajaran |
|
|
|
3.1-4.1 (Nam) |
* Doa-doa(doa
sebelum dan sesudah belajar,doa sebelum dan sesudah makan,doa sebelum dan bangun
tidur,doa untuk kedua orang tua),mengenal hari-hari besar agama,tempat ibadah
dan lainnya sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua,kecuali bila
ada kesediaan orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain |
Materi Pagi/ Kegiatan Awal ± 30 menit |
* Salam * Doa sebelum
kegiatan *
Bernyayi,Absensi |
|
|
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
3.10-4.10 (bahasa) |
* Menjawab
dengan tepat ketika ditanya |
|
* pembahasan
tema,tanya jawab tentang: - Kelasku ( keadaan kelas,apa saja yg ada
dikelas,suasana kelas,dll) -
perpustakaan(apa saja yg ada di perpustakaan,suasana diperpustakaan,dll) - guru(nama-nama
guru yg ada disekolah,dll) - alat main(alat bermain didalam dan diluar,dll) -
teman-teman(nama-nama teman,tempat tinggalnya,dll) |
Tanya Jawab |
Gambar |
Buku cerita, Pengalaman anak |
3.6-4.6 (KOG) 3.3-4.3 (FM) 3.15-4.\15 (SENI) |
* Menulis huruf *
Mengelompokkan(berdasarkan warna,bentuk,ukuran,fungsi,warna-bentuk,warna-ukuran-bentuk) * Mengenal
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis,seni suara,seni
musik,karya tangan dan lainnya |
Kegiatan Inti ± 60 menit |
* mengurutkan
gambar papan tulis,buku,baju ibu guru,jungkitan,anak-anak sesuai dengan pola besar-kecil,kecil-besar * Menyusun huruf
KELAS,BUKU,GURU,MAIN,TEMAN *Menggambar be........................... sesuai dengan
ide masing-masing bentuk papan tulis,buku,baju ibu
guru,ayunan,anak-anak/teman |
Penugasan individu Unjuk kerja Penugasan individu |
LEMBAR KERJA,SPIDOL Huruf-huruf gambar,krayon,pensil |
|
KD |
Muatan/ Materi
Pembelajaran |
Tahap
Pembelajaran |
Kegiatan |
Metode |
APE |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
|
|
|
2.7 (SEM) |
*Sikap mau menunggu giliran,mau mendengarkan ketika
orang lain berbicara |
Istirahat ± 30 menit |
* Doa sebelum
dan sesudah makan * Mencuci tangan * Makan bersama * Membereskan
peralatan makan sendiri * Bermain be...........................
di halaman sekolah |
|
* Air * Sabun * Serbet * Bekal * Alat Main |
|
3.15-5.15 (SENI) |
|
Kegiatan Akhir ± 30 menit |
* Tanya jawab
tentang kegiatan hari ini * Menyanyi lagu
Sekolah * Berdoa sesudah
kegiatan, salam |
Unjuk kerja |
|
|
Mengetahui ...........................,
Kepala TK
Negeri Pembina ........................... Guru Kelompok B
............................ ...........................
NIP. ...........................
NIP,...........................
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus