Kamis, 23 November 2017

RKH TK SEMESTER 2 TEMA TANAH AIRKU


HARI /

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : NEGARAKU

Hari /Tgl                        : SENIN

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Dapat rnenjawab pertanyaan, apa, siapa, mengapa, dimana

 

·      Memasangkan benda sesuai pasangannyamenurut bentuk warna

·      mewarnaibentuk gambar

 

 

 

·       Anak dapat memberi dan membalas salam

 

 

 

 

 

·       Anak dapat mengenal lambang

negara dan warna bendera kita

 

·       Anak dapat mengenal pakaian

daerah adat.

 

·       Anak dapat menyanyikan

 

 

·       Anak dapat mewarnainya

 

 

 

 

Upacara bendera ± 15 Menit

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

  • Memberi salam
  • Do'a mau belajar
  • Absen
  • Ayat empat

 

- Tiang bendera

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kehadiran

Anak

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Tanya jawab tentang nama negara, lambang negara, warna bendera, (MK)

 

- Memasangkan pakaian daerah sesuai dengan pasangannya (KW)

 

- Menyanyi lagu Indonesia Raya (Fb)

 

 

- Mewarnai gambar pakaian adat (Fh)

 

ISTIRAHAT

·         Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan

·         Bermain di luar

 

KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT)

·       Cuci tangan

·       Do'a mau makan

 

 

- Diri anak dan guru

 

- Diri anak sendiri

 

 

 

 

- Diri anak sendiri

 

- Air serbit

 

 

 

Observasi

 

 

Penugasan

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat menyanyikan

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Diskusi tentang kegiatan hari ini

- Menyanyi lagu Indonesia Raya

- Informasi untuk hari esok

- Do'a

- Salam

 

 

 

 

Observasi

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : NEGARAKU

Hari /Tgl                        : SELASA

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

 

 

 

·            yang bernapaskan

·           bentuk -bentuk geometri

·           Menyanyi lagu anak-anak

·           Membaca  gambar yang

Memiliki kata / kalimat

 

 

 

 

 

 

·           melaksanakan tugas

 

·       Anak dapat memberi dan membalas salam

 

 

 

 

 

·       Anak dapat mengucapkannya

 

·       Anak dapat mewarnainya

·       Anak dapat meniru mewarnainya

 

 

 

 

 

 

 

·       Anak dapat melaksanakan tugas

 

 

 

 

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi salam

·      Do'a mau belajar

·      Absen

·      Mengucapkan bunyi pancasila

-

 

 

 

 

 

 

 

 

Kehadiran

siswa

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Menjiplak bentuk segitiga menjadi bintang (FH)

 

- Menyanyi lagu garuda pancasila (FH)

 

- Membaca gambar lambang pancasila (KB)

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan

·       Do'a mau makan

 

IV. KEGIATAN AKHIR

- Diskusi tentang kegiatan hari ini

- Informasi untuk hari esok

- Do'a

- Salam

 

-

 

 

 

 

Penugasan

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : NEGARAKU

Hari /Tgl                        : RABU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

 

 

·      dapat mangelompokkan

yang sama

·      membuat garis tegak miring kiri, kanan.

 

 

·      Mengikuti Lomba memindahkan bendera

 

·      Anak dapat membalas salam

·      Anak dapat membaca

 

 

 

 

·      Anak dapat mengelompokkannya

 

·      Anak dapat mewarnai bendera merah putih

 

 

·       Anak dapat memindahkannya

 

 

 

 

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·Memberi salam

·Do'a mau belajar

·Absen

·Mengucapkan syair merah putih

 

-

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Mengelompokkan bendera hias sesual warna (KW)

 

- Meniru membuat bendera merah putih (FH)

 

- Mengekpresikan gerak sesuai dengan lagu (FH)

 

- Lomba memindahkan bendera (SEM)

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan

·       Do'a mau makan

 

IV. KEGIATAN AKHIR

- Diskusi tentang kegiatan hari ini

- Menyanyikan lagu anak-anak

- Informasi untuk hari esok

- Do'a

- Salam

 

Anak sendiri

 

lbu dan anak

 

 

Anak sendiri

 

 

 

 

air, serbet,

dan didalam

 

 

 

lbu dan anak

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : NEGARAKU

Hari /Tgl                        : KAMIS

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

 

·         berbagi  dengan teman

 

 

·         mengenal  tentang garnbar yang

dibuat sendiri

·         mengurutdan bahasa jelas

dan kalimat sederhana

·         alat rnainan dengan teknik-

menggunting, dan

 

 

 

 

 

 

Menyanyikan lebih dari 20 lagu

 

 

 

·      Anak dapat membalas salam

 

 

 

 

·      Anak dapat berbagi dengan teman

 

 

·      Anak dapat mengenal lambang- Lambang Pancasila

 

·      Anak dapat menirukan kembati isi atau bunyi Pancasila

·      Anak dapat membentuk rantai dengan kertas warna

 

 

 

 

 

Anak dapat menyanyikan lagu

"PANCASILA"

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Berdoa sebelum belajar, membaca ayat 4, doa ibu Bapak, doa dunia akherat

·      Absen anak

·      Apersepsi kegiatan hari ini

·      TJ: Senang berbagi dengan teman

 

 

 

 

 

 

 

 

- Guru dan Anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Bercakap-cakap

  Tentang Lambang-lambang Pancasila

- PT

   Menirukan kembali isi/bunyi Pancasila

- PT

Membentuk rantau dengan kertas warna

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan

·      Berdoa Sebelum dan sesudah makan

 

IV. KEGIATAN AKHIR

- Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

- Menyanyikan lagu "PANCASILA"

- Informasi untuk besok

- Doa pulang

- Salam

 

Gambar Pancasila

 

Guru dan Anak

Kertas Warna,

 

Gunting dan lem

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : NEGARAKU

Hari /Tgl                        : JUM’AT

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

·       Membilang  /menyebut urutan

1-20

·       menceritakan pengalaman/ secara sederhana

 

·       berbaris dengan rapi

·       senam menurut musik

·       berjalan  maju pada garis lurus,

diatas papan titian, dengan berjinjit, dengan tumit sambil

membawa beban

 

 

 

 

 

- Anak dapat membilang 1- 20

- Anak dapat bercerita pengalaman waktu karnaval atau melihat HUT RI 17 Agustus

 

- Anak dapat berbaris dengan rapi

- Anak dapat senam sehat ceria

- Anak dapat berjalan dengan berjinjit

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·    Memberi dan membalas salam

·    Berdoa sebelum belajar

·    Absen anak

·    Apersepsi kegiatan yang akan dilaksanakan

·    Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran

·    Bercerita

·   Pengalaman waktu Karnaval atau melihat HUT RI 17 Agustus

 

 

 

 

 

 

 

- Guru dan Anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- PL: Berbaris dengan rapi

- PL: Senam sehat ceria

- PL: Berjalan dengan berjinjit

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan

·      Berdoa Sebelum dan sesudah makan

 

IV. KEGIATAN AKHIR

KEGIATAN AKHIR 1 30 Menit

- Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

- Informasi untuk besok

- Baca doa pulang, salam

 

 

Guru dan Anak

Guru dan Anak

Guru dan Anak

 

 

Observasi

Observasi

Observasi

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : NEGARAKU

Hari /Tgl                        : SABTU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

Anak dapat berdoa sebelum  melaksanakan

Suai dengan

 

 

- Anak dapat menyanyikan lebih dari 20 lagu

 

 

-   menirukan kalimat sederhana

 

-   Anah dapat mengurutkan 3 - 5 perintah secara dengan benar

 

-   bentuk gambar

 

 

 

 

 

 

-   Senam menururt apa yang didengar

 

 

- Anak dapat berdoa sebelum kegiatan dan surah-surah peacedek

 

 

- Anak dapat Menyanyi lagu Ampar Pisang

 

 

-  Anak dapat menirukan kembali nama 5 pulau besar di Indonesia

- Anak dapat meniru gambar-gambar nama miniatur pakaian daerah

- Anak dapat mewarnai gambar pakaian adat Banjar

 

 

 

 

 

- Anak dapat menari sesuai lagu

"AMPAR-AMPAR PISANG"

 

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·   Memberi dan membalas salam

·  Berdoa sebelum belajar, membaca surah-surah pendek

·  Absen anak

·  Apersepsi kegiatan yang akan dilaksanakan

·   Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran

·  PL : Menyanyi lagu "AMPAR-AMPAR PISANG"

 

 

 

 

 

 

 

- Lagu Amapr-ampar

   pisang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- PT: Meniruan kembali nama 5 pulau besar di Indonesia

 

 

- PT: Mengurutkan gambar-gambar nama miniatur pakaian daerah

 

- PT: Mewarnai gambar pakaian adat Banjar

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan, Berdoa sebelum dan sesudah makan

·      Makan snack, bermain

 

IV. KEGIATAN AKHIR

- PL: Manari sesuai Lagu "AMPAR-AMPAR PISANG"

- Diskusi hasil kegiatan yang telah dilaksanakan

- Informasi untuk besok

- Doa pulang

- Salam

 

Guru dan Anak

Gambar nama  miniatur pakaian

Lembar kerja

Gambar pakaian adat Banjar

 

 

 

 

 

 

Guru dan Anak

 

 

 

Observasi

Observasi

 

Observasi

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : KEHIDUPAN DIKOTA

Hari /Tgl                        : SENIN

Semester                        : II

Minggu Ke                     : Tigabelas

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

·      Mentatati tata tertib sekolah

 

 

·      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan sesuai dengan keyakinan (NAM. 8)

·      kaian rapi dan sopan

(   M. 13)

 

 

·       Membilang/menyebutkan urutan bilangan dari 1- 10

·       Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, garis, lingkaran, segi tiga, segi empat

 

 

 

·       Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri

 

- Anak dapat mengikuti upacara bendera dengan baik

 

- Anak dapat berdoa dengan lafal yang baik dan benar

 

- Anak dapat berpakaian rapi dan benar

 

 

 

- Anak dapat membilang balok sampai 10 dengan benar

 

- Anak dapat menggambar bentuk gedung dengan benar

 

 

- Anak dapat bercerita tentang gambar kehidupan di kota dengan benar

Upacara bendera ± 15 Menit

 

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Salam dan berdo'a sebelum kegiatan, membaca surah- surah pendek

 

·       Bercakap-cakap

·      Berpakaian rapi dan sopan

 

- Tiang bendera

 

 

- Anak langsung

 

 

 

- Guru, dan anak

 

Observasi

 

 

Observasi

 

 

 

Percakapan

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian Tugas

   Membilang balok sampai 10

 

- Pemberian Tugas

  Menggambar dari bentuk titik, garis, lingkaran, segi

  empat, segi tiga membentuk gambar gedung

 

- Bercerita

   Tentang gambar kehidupan di kota

 

 

 

  Balok-balok

 

 

  Buku gambar, pensil

 

 

 

  Guru, anak

 

 

Observasi

 

 

hasil Karya

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ISTIRAHAT

·         Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan

 

·         Bermain di luar

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Diskusi tentang kegiatan hari ini

- informasi untuk esok hari

- Do'a pulang dan salam

 

 

Air, serbet, bekal

anak

Alat main Ji luar

Jan di datam

 

 

 

Guru dan anak

 

 

 

Observasi

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : KEHIDUPAN DIKOTA

Hari /Tgl                        : SELASA

Semester                        : II

Minggu Ke                     : Tigabelas

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

memantulkan  bola besar, bola dan bola kecil, memu-

 mengayunkan tangan

dan melangkah (FK. 19)

 

melaksanakan tugas sendiri

sampai salesai (SEM. 21)

 

 

 

mewarnai bentuk gambar

(FH. 27)

 

 

menyanyikan lebih dari 20

lagu anak (Mk. 10)

 

 

 

 

- Anak dapat memantulkan bola kecil sambil melangkah dengan baik dan benar

 

 

 

- Anak dapat melaksanakan tugas sampai selesal dengan benar

 

 

 

- Anak dapat mewarnai bentuk gambar dengan baik dan benar

 

 

- Anak dapat menyanyi dengan lafal yang baik dan benar

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·        Salam dan berdo'a sebelum kegiatan, membaca surah- surah pendek

·        Appersepsi

·        Praktik langsung

·       Memantulkan bola kecil sambil mengayun tangan dan melangkah

 

 

 

 

 

 

Anak, bola kecil

 

 

 

Observasi

 

 

 Observasi

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Tanya Jawab

   Tentang melaksanakan tugas sendiri sampai selesai

 

 

 

- Pemberian Tugas

  Mewarnai bentuk gambar gedung bertingkat

 

 

- Pemberian Tugas

  Menyanyi lagu "Jalan-ja an di Kota"

 

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·       Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan

·      Bermain di luar

 

 

 

 

Guru dan anak

 

 

 

 

Gambar gedung bertingkat, pensil warna spidol, krayon

 

 

Anak langsung

 

 

 

Air, serbet, bekal

   anak

   Alat main di luar dan  

   di dalam

 

 

Observasi

 

 

 

 

Hasil Karya

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

mengungkapkan asal mula terjadinya seseautu  ( Kp. 7}

 

 

- Anak dapat mengungkapkan asal

mula terjadinya/dibangunnya gedung

gedung dengan benar

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Bercakap-cakap

- Asal mula gedung-gedung bertingkat

- Diskusi tentang kegiatan hari ini

- informasi untuk esok hari

- Do'a pulang dan salam

 

 

 

 

Guru dan anak

 

Percakapan

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : KEHIDUPAN DIKOTA

Hari /Tgl                        : KAMIS

Semester                        : II

Minggu Ke                     : Tigabelas

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

menhubungkan gambar

benda dengan  kata (KS.5)

 

 

amengerjakan Maze (mencari

yang lebih kompleks

(       Kp. 12)

 

 

 

Mewarnai bentuk gambar

sederhana (FH. 27)

 

 

 

 

 

-       Anak dapat menghapal surah Al Masad dengan benar

 

 

 

 

-       Anak dapat mengenal nama-nama bangunan

 

 

-       Anak dapat mengembangkan daya pikir

 

 

 

 

-       Anak dapat mengenal warna

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Do'a

·       Salam

·       Absensi

·       Appersepsi

·       Membaca surah Al Masad secara bersamaan

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

-          Pemberian tugas

menghubungkan gambar/benda dengan kata misal: gambar mall dengan kata

 

 

-          Pemberian Tugas

Mengerjakan Maze misal menunjukkan jalan kepasar malam (komidi putar)

 

 

-          Pemberian Tugas

Mewarnai bentuk gambar sederhana

misal: mewarnai gambar taman bunga 

 

 

 

 

 

Anak, gambar,

Warna

 

 

 

 

Anak, guru, Maze

 

 

 

 

Anak, guru, gambar

pensil warna

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak (MK.10)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 - Anak dapat mengenal dan

menyanyikan dengan baik

 

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·        Do'a mau makan

·        Cuci tangan

·        Bermain diluar

·        Do;a sesudah makan

 

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Kesimpulan hari ini

- Menyanyikan lagu " pergi ke kota "

- Do'a pulang dan salam penutup

 

 

 

 

Guru dan anak

 

 

 

 

 

 

 

Anak, air, serbet

Alat bermain

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : KEHIDUPAN DIKOTA

Hari /Tgl                        : JUM’AT

Semester                        : II

Minggu Ke                     : Tigabelas

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-          Selalu mengucapkan terima

jika memperoleh sesuatu

 

-          menggunakan dan dapat

jawab pertanyaan, apa,

mengapa, dimana, berapa,

dimana dsb. (MB.2)

 

mennyebutkan dan

mennceritakan perbedaan

buah benda (KP.3)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

- Supaya anak terbiasa berterima kasih

 

 

- Agar anak dapat bertanya dan menjawab pertanyaan

 

 

 

- Anak dapat mernbedakan antara benda I dengan lainnya

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Do'a

·       Salam

·       Absensi

·       Appersepsi

·      Membaca huruf

 

 

 

 

 

 

 

- Guru dan Anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas

  Selalu mengucpkan terimakasih jika diberi permen   

  oleh teman

- Pemberian Tugas

   Menggunakan dan dapat menjawab pertanyaan

   apa, mengapa, dsb. apa saja yang dapat dilihat  

   dikota

 

- Pemberian Tugas

   Anak menyebutkan dan menceritakan 2 buah

    benda antara taman bunga dan toko

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·       Do'a mau makan

·       Cuci tangan

 

 

Anak guru, permen

 

Anak guru

 

 

 

 

Anak, guru, gambar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mewarnai  bentuk gambar

sederhana (FH.27)

 

 

 

 - Anak dapat rnewarnai gambar

dengan rapi

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Pemberian Tugas

- Mewarnai gambar taman bunga

- Do'a pulang dan salam penutup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Anak, guru, gambar hasil karya warna

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : KEHIDUPAN DIKOTA

Hari /Tgl                        : SABTU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : Tigabelas

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyebutkan berbagai bunyi

/suara tertentu ( MK. 3)

 

Menyusun benda dari besar

kecil ata sebaliknya (KW.15)

 

 

Melakukan perbuatan

perbuatan baik pada saat

bermain HAM.24)

 

 

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat menyebutkan berbagai bunyi

 

- Anak dapat menyusun balok

   dari besar – kecil

 

 

- Anak dapat mentaati peraturan

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·     Do'a

·    Salam

·    Absensi

·    Appersepsi

·    Membaca dua kalimat svahadat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas

   Menirukan suara (bunyi) tertentu

   misal suara berbagai kendaraan

- Pemberian Tugas

   Menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya

  misal menyusun balok besar kecil

 

- Pemberian Tugas

   Mentaati peraturan

  " bermain di taman kota "

 

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Do'a mau makan

·      Cuci tangan

 

 

 

Anak guru,

 

 

Anak guru, balok

 

 

 

 

Anak

 

 

 

Air, sabun, serbet

alat bermain

 

Unjuk kerja

 

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mewarnai  bentuk gambar

sederhana (FH.27)

 

 

 

 - Anak dapat mewarnai gambar

dengan rapi

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

-  Kesimpulan hari ini

- Informasi untuk hari esok

 

 

 

 

 

 

 

 

Anak, guru, gambar hasil karya warna

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : N KEHIDUPAN DIDESA

Hari /Tgl                        : SENIN

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XIV

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

berdo'a sebelum dan sesudah kegiatan sesuai dengan keyakinan.

berbicara dengan sopan

 

Senam fantasi bentik menim,

misal meniru berbagai gerakan hewan tanaman dan lain-lain

Mengungkapkan sebab akibat

 

 

Melakukan 3-5 perintah

secara berurutan.

 

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat berkata sopan tidak

   berteriak.

 

 

 

- Anak dapat meniru beberapa

   pergerakan yang dicontohkan guru

 

- Anak dapat menceritakan mengapa terjadi banjir, kita lapar dan lain-lain

 

- Anak dapat melakukan perintah guru dengan benar.

 

 

Upacara bendera ± 15 Menit

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·          Salam dan berdoa sebelum sebelum kegiatan

·          Appersepsi

·          Berbicara dengan sopan (nam 11)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas

   Senam fantasi menirukan orang sedang menanam padi

   dsb (FK. 12)

 

- Pemberian tugas

   Mengungkapkan asal mula terjadinya "pencaharian

   tani" (KP. 6)

 

- Pemberian tugas

   Melakukan 3-5 perintah secara benar contoh :

   bertani adalah mata pencaharian di desa (MB 1)

 

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan, berdo'a

·       Bermain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Suka menolong

 

 

 

 - Anak dapat saling membantu

sesama teman

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Suka menolong (Sam 19)

- Kesimpulan hari ini

- Informasi hari esok

- Berdo'a

- Salam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : N KEHIDUPAN DIDESA

Hari /Tgl                        : SELASA

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XIV

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

mengucapkan yang bernapaskan maan

 

 

 

menghubungkan gambar

dengan benda

 

 

dapat meniru  lambang bilangan

 

lari sambil melompat

tanpa jatuh

 

 

 

 

- Anak dapat mengucapkan terima kasih jika rnemperoleh sesuatu

 

 

- Anak dapat menghubungkan gambar dengan benda

 

 

- Anak dapat meniru lambang

   bilangan 1- 20

 

- Anak dapat berlari dengan

   seimbang tanpa jatuh.

- Baris

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·          Salam

·          Berdo'a sebelum kegiatan, do'a Ibu bapak ayat 4

·          Selalu mengucapkan terima kasih

·         bersyukur kepada Allah (Nam 14)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas

   Menghubungkan gambar dengan kata

   "gambar sawah dengan petani" (KS 5)

- Pemberian tugas

   Meniru lambang bilangan 1- 20 (KS 5)

 

- Pemberian tugas

   Berlari sambil melompat untuk mengambil/menunjuk

  angka yang tersedia (FK 6)

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan, berdo'a

·       Bermain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dapat melaksanakan tugas

kelompok

 

 

 

 - Anak dapat melaksanakan tugas

sampai selesai

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Dapat melaksanakan tugas (SUM 1)

- Kesimpulan hari ini

- Informasi untuk hari esok

- Salam do'a

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : N KEHIDUPAN DIDESA

Hari /Tgl                        : RABU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XIV

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

 

mengurutkan berdo'a sebelumsesudah melaksanakan sesuai dengan

 

menghubungkan dan

mengurutkan tulisan sederhana

simbol yang melambangkannya.

mengekspresikan gerakan

dengan iringan musik

 

mewarnai bentuk gambar

 

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat berdo'a dengan lafaz yang benar.

 

 

- Anak dapat menyebutkan tulisan sederhana dengan benar.

- Anak dapat mengikuti gerakan

   yang dicontohkan guru dengan benar.

 

- Anak dapat mewarnai bentuk

  gambar sederhana dengan rapi.

- Baris

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·   Salam

·   Berdo'a sebelum kegiatan, membaca do'a ibu bapak

·  membaca ayat 4

·   Appersepsi

·   Berdoa sebelum ke sawah (NAM 8)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas

  Menyebutkan tulisan sederhana dan simbolnya (MK.7)

 

 

 

- Pemberian tugas

  Mengerjakan Maze petani (KP. 11)

 

- Pemberian tugas

  Mewarnai gambar maze petani FH 27)

 

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan, berdo'a

·       Bermain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

menunjukan kebanggaan

terhadap hasil karyanya.

 

 

 

- Anak dapat menunjukan hasil

karyanya.

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Menunjukkan kebanggan hasil

- Kesimpulan hari ini

- Informasi esok hari

- Salam

- Doa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : N KEHIDUPAN DIDESA

Hari /Tgl                        : KAMIS

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XIV

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

bercerita tentang gambar yang dibuat sendiri

 

 

mengelompokkan benda-benda berbagai cara menurut

tertentu: misal menurut

bentuk dan ukuran gunting dengan berbagai berdasarkan bentuk / lurus, lengkung,

kemang, zig-zag, lingkaran,

,segi empat )

melipat kertas

sederhana (1-7 lipatan)

 

 

 

 

 

- Anak dapat bercerita dengan benar

 

 

- Anak dapat mengelompokkan

   benda-benda menurut ciri-cirinya dengan benar.

- Anak dapat menggerakkan jari

   tangannya untuk menggunting

   dengan benar.

- Anak dapat melipat dengan rapi

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·   Memberi dan membalas salam

·   Membaca AI Fatibah

·   Membaca do'a belajar

·   Bre : Tentang Kampung Nelayan (MK)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas

  Anak disuruh mengelompokkan gambar ikan

   menurut ukuranya (besar - kecil) (KW)

- Pemberian tugas

   Menggunting gambar ikan

 

- Pemberian tugas

  Melipat bentuk Ikan (FH)

 

 

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·       Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan

·       Bermain

 

 

Gambar Ikan

 

 

 

Pola ikan, gunting

 

kertas lipat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dapat mengucapkan terima

jika memperoleh sesuatu.

 

 

 

- Anak dapat menngucapkan terima

kasih dengan benar

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

pl. Berterima kasih bila memperoleh atau dikasih

sesuatu

 

 

- Diskusi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan

- Informasi untuk kegiatan besok

- Membaca do'a pulang I

- Salam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : N KEHIDUPAN DIDESA

Hari /Tgl                        : JUM’AT

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XIV

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

 

menntaati aturan permainan

hubungkan dan menyebutkan tulisan serhana dengan simbol melambangkannya

 

mengenal perbedaan kasar -

halus, panjang-pendek, jauh-

dekat, banyak-sedikit, sama-

 sama

berrjalan meju pada garis

lurus, berjalan diatas titian

berrjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil

nembawa beban

 

 

 

 

 

-  Anak dapat melaksanakan

    kegiatan di sekolah dengan benar

 

 

- Anak dapat menyebutkan tulisan sederhana dengan benar.

 

- Anak dapat mengenal perbedaan suatu benda dengan baik

 

- Anak dapat mewarnai gambar

  pesawat dengan rapi dan benar

 

 

 

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Memberi dan membalas salam

·       Membaca Al Fatihah

·       Membaca do'a belajar

·      PI. Berbaris dengan rapi (SEM)

 

 

 

 

 

 

 

Guru,Anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas

  Anak disuruh mengelompokkan gambar ikan

   menurut ukuranya (besar - kecil) (KW)

 

 

- Pemberian tugas

   Menggunting gambar ikan

 

- Pemberian tugas

  Melipat bentuk Ikan (FH)

 

 

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·       Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan

·       Bermain

 

 

Gambar

 

 

 

Gambar desa dan

Kota

 

 

Anak Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melaksanakan  tugas sendiri

Sampai selesai (SEM.21)

 

 

 

- Anak dapat melaksanakan tugas /

bekerja tepat waktu dengan benar.

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

 

- Diskusi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan

- Informasi untuk kegiatan besok

- Membaca do'a pulang

- Salam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : TANAH AIRKU

Sub Tema                      : N KEHIDUPAN DIDESA

Hari /Tgl                        : SABTU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XIV

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

 

 

 

 

menyebutkan macam-macam

agama  yang ada di Indonesia

 

 

 

mengungkapkan asal mula

dinya sesuatu menirukan kembali 4-5 urutan kata

 

 

mewarnai bentuk gambar

sederhana

 

 

 

 

- Anak depat menyebutkan macam-macam agama yang ada di Indonesia dengan benar.

 

- Anak dapat mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu dengan benar

- Anak dapat menirukan kembali

   urutan kata dengan benar.

- Anak dapat mewarnai gambar

   dengan rapi.

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Memberi dan membalas salam

·      Membaca Al-Fatihah

·       Membaca do'a belajar

·    BCC: Bersyukur nikmat telah diciptakan (padi) (NAM)

 

 

 

 

 

 

Guru,Anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

TJ : Asal mu!a nasi (KP)

PT: Menirukan kembali nama-nama buah ateu sayur

yang ditanam petani (Mb)

 

PT: Mewarnai gambar tempat nasi (FH)

 

 

 

 

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·       Cuci tangan, membaca do'a sebelum dan sesudah

     Makan

 

 

 

 

Gambar

 

 

 

Gambar tempat nasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyanyi lebih dari 20 lagu

 

 

 

- Anak dapat melaksanakan tugas /

bekerja tepat waktu dengan benar.

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

 

- Diskusi tentang kegiatan yang te ah dilaksanakan

- Informasi untuk hari esok

- Membaca do'a pulang

- Salam

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar