RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : MATAHARI,
BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT
Hari
/Tgl : SENIN
Semester : II
Minggu
Ke : XV
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
berani
bertanya dan menjawab pertanyaan membilang/menyebut
urutan bilangan 1 -20. menggambar
bebas dengan berbagai
media (kapur tulis, pensil
warna, krayon, arang, dan
bahan-bahan alam) dengan rapi. memegang
pensil dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari sederhana |
- Anak dapat menjawab pertanyaan dari
guru tentang alam semesta. - Anak dapat mneyebutkan bilangan 1-
20 dengan benar. - Anak dapat menggambar benda langit
seperti bintang, bulan, matahari. - Anak dapat mennuliskan kata
bintang, bulan dan matabari dengan benar. |
Upacara bendera ± 15
Menit I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Salam, membaca, surah-surah dan berdo'a ·
Bercakap-cakap / Tanja Jawab tentang alam
semesta |
- Tiang bendera
Guru dan anak |
|
Observasi |
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) - Pemberian tugas: menyebut
bilangan 1- 20 (KB 1) - Pemberian Tugas menggambar
bebas benda langit bintang, bulan, matabari
(KH.1) - Pemberian Tugas memegang
pensil dengan benar menulis kata bintang bulan, matabari di bawah gambar
(KH,22) ISTIRAHAT ·
Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah ·
makan bermain
di luar kelas |
Anak Krayon Pensil, Buku - Air serbit - Bekal anak |
|
Observasi Hasil Karya Hasil Karya |
menyebutkan berbagai
bunyi suara tertentu. |
- Anak dapat
menyebutkan berbagai suara-suara binatang malam. |
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - BCC:
meniru / menyebut suara-suara binstang malam
(burung hantu, jangkrik) (MK.3) - Kesimpulan - Do'a Salam |
Guru Anak |
|
Observasi |
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : MATAHARI,
BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT
Hari
/Tgl : SELASA
Semester : II
Minggu
Ke : XV
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
menirukan kembali 4-5
urutan kata menunjuk dan mencari
seban-banyaknya benda, hewan,tanaman yang mempunyal nama, bentuk, ukuran,
atau -ciri tertentu menciptakan berbagai bentuk tentang menggunakan
playdough tanah liat / pasir dan
lain-lain . mnggambar bebas dengan
berbagai media (kapur tulis, warna krayon, arang, spidol dan bahan-bahan
alam) dengan rapi |
- Anak dapat menirukan kata Matahari
muncul disiang hari - Anak dapat menunjukkan benda langit
yang kelihatan pada malam hari - Anak dapat membuat bintang dan bulan
dari plastisin matahari. - Anak dapat menggambar bintang dengan
baik |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Salam, membaca, surah-surah dan berdo'a · Bercakap-cakap
menirukan kata-kata sebanyak 4 kata :
" Matahari muncul di stang hari" (MB.2) |
- Guru dan anak |
|
Observasi |
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) -
Pemberian tugas: Menunjukkan benda langit yang kelihatan di
Malam hari. (KW 6) -
Pemberian Tugas menbuat
bentuk bintang dan bulan dari plastisin (FH.14) -
Pemberian Tugas menggambar bintang (FH.1) III. ISTIRAHAT(± 30 Menit) · Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah makan bermain di luar
kelas |
Guru anak Buku Plastisin Pensil, Buku garnbar - Air serbit - Bekal anak |
|
Observasi Observasi Hasil Karya |
mennyebutkan do'a
sebelum dan sesudah melaksanakan
kegiatan sesuai dengan keyakinan |
- Anak dapat menghafal do'a-do'a pendek |
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Praktik langsung
Berdo'a (menghafal do'a-do'a pendek) (NAM.8) - Do'a Salam |
Semua anak |
|
Observasi |
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : MATAHARI,
BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT
Hari
/Tgl : RABU
Semester : II
Minggu
Ke : XV
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
Berdiri dengan tumit diatas satu kaki dengan seimbang Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal - yang
sama dan suku kata akhir yang sama dan lain-lain menghubungkan / memasang- lean lambang bilangan
dengan benda Mewarnai bentuk gambar sederhana |
- Anak dapat berdiri dengan tumit
dari hitungan 1-10 dengan benar - Anak dapat menjawab pertanyaan
awalan dan akhiran yang sama dari
guru - Anak dapat menghubungkan
lambang bilangan dengan gambar
bintang - Anak dapat mewarnai gambar bulan dan bintang |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Salam, membaca, surah-surah dan berdo'a · Praktik langsung : · Berdiri dengan tumit dengan hitungan 1-10 (FK.5) |
- Guru dan anak - Semua anak |
|
Observasi Observasi |
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) -
Tanya Jawab Kata yang berakhiran yang sama Malam - Dalam Kata yang berawalan yang sama: Bulan - Bukan ( KM. -
Pemberian Tugas Menghubungkan lambang bilangan dengan gambar bintang ( KB.6) -
Pemberian Tugas mewarnai benda-benda langit Bulan - Bintang ( KB.6) III. ISTIRAHAT(± 30 Menit) · Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah makan bermain di luar
kelas |
Guru anak Gambar Krayon - Air serbit - Bekal anak |
|
Observasi Penugasan Hasil Karya |
menyanyi lagu-lagu
keagamaan |
- Anak dapat menyanyikan lagu-lagu keagamaan |
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Praktik langsung
menyanyi lagu lagu keagamaan
(NAM.3) - Kesimpulan - Do'a Salam |
Semua anak |
|
Observasi |
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : MATAHARI,
BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT
Hari
/Tgl : KAMIS
Semester : II
Minggu
Ke : XV
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
menyanyi lebih dari 20 lagu
anak-anak mengungkapkan sebab akibat mengelompokkan benda dengan
berbagai a menurut ciri-ciri tertentu menggunting dengan bagai
media berdasarkan bentuk pola
lingkaran memelihara milik sendiri |
·
Anak dapat
menyanyi lagu anak-anak ·
Anak dapat
menjawab pertanyaan sederhana ·
Anak mampu
mengelompokkan benda menurut waktu ·
Anak dapat
menggunting bentuk bulan dengan pola lingkaran dengan rapi ·
Anak dapat
memelihara hasil karya nya sendiri |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar, ayat empat, doa untuk
ibu bapak dll · Absen anak · Apersepsi kegiatan ,menyapaikan tujuan pembelajaran · Menyanyikan lagu "Bintang Kecil" |
Anak dan guru |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
TJ: Mengapa
bila siang keadaan terang? (karena ada Matahari) (MK.2) ·
PT:
Mengelompokkan benda menurut waktu: Bila malam ·
ada bulan dan
bintang. Siang ada matahari. (Kw.8) ·
PL: Menggunting
bentak bulan III. ISTIRAHAT(± 30 Menit) · Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan.
Makan snack, sambil berbagi bekal yang di bawa dari rumah, bermain IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) · PL: Memelihara hasil karya sendiri · Menyanyikan lagu "Ambilkan Bulan" · Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan · Informasi kegiatan besok hari · Doa, salam |
LKS Pola dan gunting - Air serbit - Bekal anak |
|
Hasil Karya |
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : MATAHARI,
BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT
Hari
/Tgl : JUM’AT
Semester : II
Minggu
Ke : XV
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
Selalu memberi dan membalas salam menyanyi lebih dari 20 lagu
anak-anak menunjuk dan memberikan
keterangan yang berhubungan dengan posisi eterangan
tempat mewarnai bentuk gambar
sederhana dengan rapi menyanyikan lagu-lagu keagamaan |
· Anak dapat membalas salam dengan sopan · Anak dapat menyanyi dengan baik · Anak dapat menunjuk benda-benda dilangit pada malam
hari · Anak dapat mewarnai gambar dengan rapi · Anak dapat menyanyi lagu keagamaan dengan baik dan
tertib |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar, ayat empat, doa untuk
ibu bapak dll · Absen anak · Apersepsi kegiatan , · menyapaikan tujuan pembelajaran · PL: Menyanyi lagu "Bintang Kecil" (MK.10) |
Anak dan guru |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
PT: Menunjuk
benda-benda yang ada dilangit pada malam hari ·
PL: Mewarnai
bentuk bulan, bintang dala ukuran besar III. ISTIRAHAT(± 30 Menit) ·
Cuci tangan,
baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) · Menyanyikan lagu-lagu Keagamaan "Rukun Islam", "Rukun
Iman", · Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan · Informasi kegiatan besok hari · Doa, salam |
LKS, pensil warna |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : MATAHARI,
BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT
Hari
/Tgl : SABTU
Semester : II
Minggu
Ke : XV
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
ALAT |
HASIL |
||||
bersyair yang bernafaskan agama membilang!menyebut urutan bilangan dari 1-20 bercerita menggunakan kata aku, saya, kamu, dia, mereka menyusun benda dari besar mil atau sebaliknya menggambar bebas dari benuk dasar titk,
lingkaran, segitiga, segi empat melaksanakan kegiatan ndiri sampai selesai |
·
Anak bersyair
dengan baik ·
Anak mampu
berhitung 1- 20 dengan baik ·
Anak mampu menceritakan
pengalaman waktu melihat bulan, bintang, dan matahari ·
Anak dapat memperkirakan
gambar bentuk dari kecil ke besar ·
Anak mampu menggambar
dengan meniru membuat garis bentuk bintang ·
Anak mampu menunjukkan
hasil karyanya sendiri |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Memberi dan membalas salam · Menyanyikan lagu "Bismillah" · Membaca doa sebelum belajar , ayat empat, doa untuk ibu
bapak dll · Absen anak · Apersepsi kegiatan · Berhitung dari 1-20 · Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran |
Anak dan guru |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
Bercerita:
Pengalaman anak waktu melihat bulan, bintang,
matahari (MK. 11) ·
PT: Memperkirakan
ucutan besar kecil benda pada lembar kerja ·
PT: Meniru
membuat garis bentuk bintang III. ISTIRAHAT(± 30 Menit) ·
Cuci tangan,
baca doa sebelum dan sesudah makan. ·
Makan snack,
bermain IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) · PL: Mampu menunjukkan hasil kerja · Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan · Anak dan guru menyanyikan lagu
"matahariku"me · Informasi kegiatan besok hari · Doa, salam |
LKS pensil |
Hasil Karya anak |
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : SENIN
Semester : II
Minggu
Ke : XVI
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
UpacarA
bendera (SEM.14) Bercakap-cakap
tentang macam-macam gejala alam PT:
Menggambar suasana hujan PT:
Meniru pola bentuk payung PT:
Menggunting gambar payung |
- Anak dapat mengikuti upacara
bendera - Anak dapat bercakap-cakap tentang
macam-macam gejala alam - Anak dapat menggambar suasana hujan - Anak dapat meniru pola bentuk
payung - Anak dapat menggunting gambar
payung |
Upacara bendera ± 15
Menit I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Memberi dan membalas salam · Membaca do'a · Absen · Appersepsi · Bercakap-cakap tentang gejala alam |
- Tiang bendera
Guru dan anak |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) -
Pemberian tugas Membaca buku cerita bergambar tentang " sepeda baru " -
Pemberian tugas Mengerjakan Maze naik sepeda menuju rumah
KP -
Pemberian tugas Menggambar sepeda dengan pensil warna FH) ISTIRAHAT ·
Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah makan
·
bermain di luar
kelas |
Anak, buku, gambar dan krayon Gambar payung gunting dan gambar payung Air, serbet, alat bermain diluar |
|
|
Menyebutkan perbedaan gambar dua buah payung |
- Anak dapat menyebutkan perbedaan gambar dua buah payung |
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Anak tanya jawab
tentang perbedaan gambar dua buah payung - Diskusi (yang telah dilaksanakan) - Umpan balik - Informasi untuk esok - Salam - pulang |
Anak dan Guru |
|
Observasi |
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : SELASA
Semester : II
Minggu
Ke : XVI
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
Bercakap-cakap
menolong orang yang kebanjiran PT:
Menyusun balok-balok membentuk bendungan PT:
Meneruskan kalimat tentang
nama-nama gejala alam sesuai dengan gambar PT:
Mewarnai gambar orang Kebanjiran |
- Anak dapat bercakap-cakap tentang
macam-macam gejala alam - Anak dapat menggambar suasana hujan - Anak dapat meniru pola bentuk
payung - Anak dapat menggunting gambar
payung |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Memberi dan membalas salam · Membaca do'a · Absen · Appersepsi · Bercakap-cakap menolong orang kebanjiran |
|
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) - Anak menyusun balok-balok membentuk bendungan - Anak meneruskan kalimat tentang nama-nama gejala
alam sesuai dengan gambar - Anak mewarnal gambar orang kebanjiran ISTIRAHAT ·
Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah makan
·
bermain di luar
kelas |
Balok Anak Gambar Krayon Air, serbet, alat bermain diluar |
|
|
bercakap-cakap sebab
akibar banjir |
- Anak dapat
menyebutkan perbedaan gambar dua buah payung |
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Anak bercakap-cakap sebab akibat banjir - Diskusi (yang telah dilaksanakan) - Umpan balik - Informasi untuk esok - Salam - pulang |
Anak dan Guru |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : RABU
Semester : II
Minggu
Ke : XVI
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
TJ: tentang perbuatan yang benar dan salah PT: Menirukan suara petir dan guntur PT: Mengurutkan pola gambar awan, hujan, petrir, awan, hujan, .... Dst PT: Menggambar suasana hujan disertai petir |
- Anak dapat mengetahui perbuatan yang
benar dan salah - Anak dapat menirukan suara petir dan
guntur - Anak dapat mengurutkan pola gambar
awan, hujan, petrir, awan, hujan, .... Ost - Anak dapat menggambar suasana hujan
disertai petir |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Memberi dan membalas salam · Membaca do'a · Absen · Appersepsi · Anak tanya jawab tentang perbuatan yang benar dan
yang salah |
|
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) - Anak meniru suara petir dan guntur - Anak mengurutkan pola gambar, awan, hujan, petir
awan hujan, ..... Dst - Anak menggambar suasana hujan disertai petir ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
berdo'a sebelum dan sesudah makan ·
bermain di luar
kelas IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Diskusi (yang telah dilaksanakan) - Umpan balik - Informasi untuk esok - Salam - pulang |
Anak Gambar krayon Air, serbet, alat bermain diluar |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : KAMIS
Semester : II
Minggu
Ke : XVI
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
Berani
tampil di depan umum Menggunting
bebas Membilang
menyebutkan urutan
bilangan 1- 5 |
- Anak tampil di depan umum - Anak dapat mewarna dan enggunting - Anak dapat menulis angka 1-5 hujan
disertai petir - Anak dapat menulis huruf
"Hujan" |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Memberi salam ·
Do'a mau
balajar ·
Absen ·
Menyanyi lagu
tik-tik bunyi hujan (MK) |
Diri anak |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) - Berani tampil di depan kelas untuk menyanyi (SEM) - Menggunting gambar jas hujan (FH) - Membilang 1- 5 nama-nama benda yang bisa digunakan
waktu hujan (KB) - Menulis tulisan hujan ISTIRAHAT ·
Cuci tangan ·
Do'a mau makan IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Diskusi (yang telah
dilaksanakan) - Menyanyi lagu anak-anak - Informasi untuk esok - Do'a - Salam |
Diri anak Kertas Gunting Kertas, pensil Air, serbet, alat bermain diluar |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : JUM’AT
Semester : II
Minggu
Ke : XVI
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
menceritakan
pengalaman atau kejadian secara sederhana dengan urut memasangkan
benda sesuai pasagan pasangannya mentaati
peraturan yang ada menarii/senam
menurut musik yang didengar mengurus
dirinya sendiri apa bantuan (Makan) mengekspresikan
gerakan sesuai dengan syair lagu atau centa |
· Anak mampu menceritakan proses terjadinya hujan
secara berurutan · Anak ,mampu menyusun atau memasangkan kepingan puzzle
sesuai dengan pasangannya · Anak dapat berbaris dengan rapi · Anak dapat mengikuti gerakan senam dengan lincah
menurut musik yang didengar · Anak dapat makan sendiri tanpa disuapi · Anak dapat bergerak dengan diiringi syair yang
bernafaskan agama |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar , ayat empat, doa untuk
ibu bapak dll · Absen anak. Apersepsi kegiatan · Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran · Bercerita: Proses terjadinya hujan |
Guru dan anak |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
PT: Menyusun
kepingan puzzle ·
PL: Berbaris
dengan rapi ·
PL: Senam sehat
ceria ·
PL: Makan
tambahan yang bergizi ISTIRAHAT · Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. · Makan snack, bermain IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) · Bernyanyi lagu-lagu yang bernafaskan agama · Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan · Umpan balik · Informasi kegiatan besok hari · Doa, salam |
Puzzle VCD Senam Makanan |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : SABTU
Semester : II
Minggu
Ke : XVI
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
Menulis
nama sendiri dengan lengkap Menggambar
bebas dari bentuk dasar titik, garis lengkung, lingkaran segitiga segiempat
(FH.2) Menyanyi
lagu-lagu keagamaan |
- Anak dapat menyebutkan macam- macam
ciptaan Allah dengan benar - Anak dapat meniru tulisan warna
warni pelangi dengan benar - Anak dapat menggambar bentuk
pelangi dengan benar - Anak dapat menyanyi dengan lafal
yang baik dan benar |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Salam dan
berdo'a sebelum kegiatan, membaca surah-surah pendek · Appersepsi · Tanya jawab · Macam-macam ciptaan Allah |
Anak guru |
|
Observasi |
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) - Pemberian tugas Menulis
warna warmi pelangi - Pemberian tugas Menggambar
gambar garis lengkung jadi bentuk gambar
pelangi - Pemberian tugas Menyanyi
lagu-lagu " Pelangi - pelangi " ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
berdo'a sebelum dan sesudah makan ·
Bermain |
Buku, tulis Pensil Buku gambar bentuk gambar pelangi, pensil Anak langsung Air, serbet, ekal anak, main diluar dan didalam |
semua |
Observasi Hasil karya observasi |
Mencoba dan
menceritakan tentang apa yang
terjadi jika : warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman, macam-macam rasa dst
(KP.4) |
|
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Bercakap-cakap sebab
akibat banjir Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi
jika warna dicampur - Umpan balik - Informasi untuk esok
hari - Do'a pulang dan salam |
Guru, Anak |
|
Observasi |
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : SENIN
Semester : II
Minggu
Ke : XVII
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
Memelihara
kebersihan lingkungan misal: tidak
mencoret-coret tembok, membuang sampah pada tempatnya (Nam26) Mengungkapkan
sebab akibat misal:
mengapa kita lapar, dsb (KP.6) Gerakan
bebas sesuai dengan irama
(FK. 11) Mewarnai
bentuk gambar sederhana
(FH.27) |
- Anak dapat memelihara kebersihan
lingkungan - Anak dapat mengetahui sebab akibat
terjadi sesuatu - Anak dapat bergerak sesuai irama - Anak dapat mewarna dengan rapi |
Upacara bendera ± 15
Menit I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Do' mau belajar · Absensi · Asmaul Husna · Bercakap-cakap tentang kebersihan lingkungan |
- Tiang bendera
|
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) -
Tanya Jawab Mengapa terjadi banjir -
Anak bergerak sesuai irama musik: TIK TIK BUNYI HUJAN -
Anak mewarnai gambar orang sedang kebanjiran ISTIRAHAT ·
Do'a mau
belajar ·
Cuci tangan,
main di luar ·
Do'a habis makan IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Kesimpulan hari ini - Informasi hari besok - Salam - Penutup (Do'a) |
Anak Anak Anak, LKS, Crayon - Air serbit - Bekal anak |
Observasi Observasi Hasil karya |
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : SELASA
Semester : II
Minggu
Ke : XVII
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
- Menyebutkan, Berdo'a berdo'a sebelum dan sesudah kegiatan
sesuai keyakinan. -
Mengungkapkan sebab akibat - Mengulang kalimat yang telah didengarnya. -
Mencetak sesuai dengan media Berani
bertanya dan menjawab pertanyaan |
- Anak dapat membaca do'a lafaz yang
benar - Anak dapat mengungkapkan
terjadi-nya sesuatu - Anak dapat mengulang kalimatyang
telah didengarnya. - Anak dapat menggambar dengan
menggunakan peralatan yang ada. - Anak dapat menjawab dan berranya
secara sederhana. |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Salam · berdo'a sebelum belajar membaca ayat 4 dan do'a ibu
bapak · Pl membaca do'a hendak belajar (Nam 8) Membaca do'a sebelum minum obat |
|
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) - BC. Mengungkapkan asal terjadinya pelangi (KP 6) - PT. Mengulang kalimat yang telah didengarnya
(KP 6) - PT. Menggambarkan pelangi dengan menggunakan pensil
warna (Fh 4) ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
berdoa ·
Bermain IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - TJ. Kapan terjadinya pelangi (
Sem 23) - Kesimpulan hari ini - Informasi untuk hari esok - salam - Do'a |
|
|
|
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : RABU
Semester : II
Minggu
Ke : XVII
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
Berdo'a
sebeium dan sesudah melaksanakan kegiatan sesuai dengan keyakinan Membuat
urutan bilangan 1- 20 dengan benda-benda Mencocok
bentuk telah didengarnya. Mengelompokkan
kata-kata yang
sejenis |
- Agar anak dapat berdo'a dengan baik
dan benar. - Agar anak dapat membuat urutan
bilangan dengan benar. - Agar anak dapat mencocok bentuk
dengan baik dan rapi. - Agar anak dapat mengelompokkan kata
- kata dengan benar. |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Memberi dan membalas salam · Membaca AI - Fatihah · Membaca do'a belajar · Pl membaca
do'a ibu bapak (Nam) |
|
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) - PT: Membuat urutan bilangan 1- 20 dengan bentuk
segitiga - PT: mencocok gambar gunung (FH) - TJ: Mengelompokkan kata-kata gejala alam yang
merugikan (MK) ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
membaca doa sebelum dan sesudah makan ·
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Diskusi tentang kegiatan yang
telah dilaksanakan - Informasi untuk hari esok - Membaca do'a pulang - salam |
Gambar |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : KAMIS
Semester : II
Minggu
Ke : XVII
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
-
Memberi dan membalas salam SEM (11) -
Menghubungkan gambar benda dengan
kata (KS.5) -
Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda (Kb.2) -
Menggambar bebasdengan berbagai media ( kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, spidol dan bahan alam) dengan rapi (FH.1) |
- Agar anak dapat membalas salam - Anak dapat menghubungkan gambar
dengan tulisannya - Anak dapat membilang benda - Anak dapat menggambar macam- macam
gejala alam |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Memberi dan
membalas salam · Do'a belajar · Menyanyi Lagu
Anak |
Anak dan Guru |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) - PL: Selalu memberi dan membalas salam ketika bertamu. -
Menguhubungkan gambar petir dengan tulisan. -
Membilang macam-macam gejala alam misal: Hujan, petir, dan lain-lain ISTIRAHAT ·
Do'a makan ·
Cuci tangan IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Do'a sesudah makan - Menggambar macam-macam gejala
alam - Membaca do'a pulang - salam |
Air dan serbet Buku gambar, pensil warna |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : JUM’AT
Semester : II
Minggu
Ke : XVII
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
Mencoba
dan menceritakan tentang
apa yang terjadi Menyebutkan
simboi-simbol vokal
dan konsonan yang di
kenal lingkungan sekitar. Menirukan
kembali 4-5 urutan kata Menggambar
bebas dengan berbagai
media ( kapur tulis, pensil
warna, krayon, arang, spidol
dan bahan alam) dengan
rapi Menghargal
karya orang teman/ orang
Iain |
- Anak dapat mencoba dan
menceritakan. - Anak dapat menyebutkan huruf Tanah
Longsor dengan benar - Anak dapat menirukan 4-5 urutan
kata. - Anak dapat menggambar pohon- pohon
(hutan) denganbagus. |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Salam,
membaca surah,-surah dan berdo'a · Praktek langsung · Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika :
Tanah ditumpuk lalu disiram air yang banyak |
Anak dan Guru Tanah, air |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) -
Pemberian tugas menyebutkan huruf : TANAH LO,NGSOR (KP.4) -
Pemberian tugas Menirukan 4 - 5 urutan kata (AK.1) -
Pemberian tugas Menggambar pohon-pohon (hutan) (MB.2) ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
berdo'a sebelum dan sesudah ·
makan, bermain
di luar kelas (KH.1) IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Bercakap-cakap - Menghargai karya orang lain (SEM 28) - Membaca do'a pulang |
Guru anak Semua anak Pensil buku gambar Air dan serbet Bekal anak Guru dan anak |
Observasi Observasi Observasi Observasi |
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARlAN
Tema
: ALAM SEMESTA
Sub
Tema : GEJALA ALAM
Hari
/Tgl : SABTU
Semester : II
Minggu
Ke : XVII
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
BBC:
memuji karya teman (SEM) PT:
Meniru lambang bilangan PL:
Senam fantasi menirukan pohon
diangin kencang (FK) PT:
mewarnai gambar kemah untuk
korban bencana alam (FH) |
- Anak dapat memuji karya teman - Anak meniru lambang bilangan 1- 20 - Anak dapat menirukan pohon ditiup
angin kencang - Anak dapat mengenal gambar kemah
untuk korban bencana alam. |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT · Memberi dan
membalas salam · Membaca do'a · Absen · Apersepsi · Bercakap-cakap tentang hasil karya teman |
Anak dan Guru Tanah, air |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) -
Anak meniru larnbang bilangan 1- 20 -
Anak senam fantasi menirukan pohon diangin Kencang -
Anak mewarnai gambar kemah utnuk korban Bencana Alam ISTIRAHAT · Cuci tangan,
berdo'a sebelum dan sesudah makan · bermain
diluar IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) Diskusi tentang kegiatan yang
telah dilaksanakan - Informasi untuk hari esok - Membaca do'a pulang - salam |
Guru anak Semua anak Pensil buku gambar Air dan serbet Bekal anak Guru dan anak |
Observasi Observasi Observasi Observasi |
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
trima kasih..sangat bermanfaat
BalasHapusTrima kasih sangat bermanfaat buat tgas kuliah saya
BalasHapus