Kamis, 23 November 2017

RKH TK SEMESTER 2 TEMA ALAM SEMESTA


HARI /

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

 

 

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : MATAHARI, BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT

Hari /Tgl                        : SENIN

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XV

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

berani bertanya dan menjawab

pertanyaan

 

 

 

 

membilang/menyebut urutan bilangan 1 -20.

 

menggambar bebas dengan

berbagai media (kapur tulis,

pensil warna, krayon, arang,

dan bahan-bahan alam) dengan rapi.

 

memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari

 

sederhana

 

 

- Anak dapat menjawab pertanyaan dari guru tentang alam semesta.

 

 

 

 

- Anak dapat mneyebutkan bilangan 1- 20 dengan benar.

 

- Anak dapat menggambar benda langit seperti bintang, bulan, matahari.

 

- Anak dapat mennuliskan kata bintang, bulan dan matabari dengan benar.

Upacara bendera ± 15 Menit

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Salam, membaca, surah-surah dan berdo'a

·       Bercakap-cakap / Tanja Jawab tentang alam semesta

- Tiang bendera

 

 

  Guru dan anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas:

  menyebut bilangan 1- 20 (KB 1)

 

- Pemberian Tugas

   menggambar bebas benda langit bintang, bulan,

   matabari (KH.1)

 

- Pemberian Tugas

    memegang pensil dengan benar menulis kata bintang bulan, matabari di bawah gambar (KH,22)

 

ISTIRAHAT

·         Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah

·        makan bermain di luar kelas

 

 

 

Anak

 

 

 

Krayon

 

 

 

Pensil, Buku

 

 

 

- Air serbit

- Bekal anak

 

 

 

Observasi

 

 

Hasil Karya

 

 

Hasil Karya

 

 

 

 

 

 

 

 

menyebutkan berbagai bunyi

suara tertentu.

 

 

-    Anak dapat menyebutkan berbagai

suara-suara binatang malam.

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- BCC:

   meniru / menyebut suara-suara binstang malam

   (burung hantu, jangkrik) (MK.3)

- Kesimpulan

- Do'a Salam

 

 

 

 

Guru Anak

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

 

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : MATAHARI, BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT

Hari /Tgl                        : SELASA

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XV

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

menirukan kembali 4-5 urutan kata

 

 

 

 

menunjuk dan mencari seban-banyaknya benda, hewan,tanaman yang mempunyal nama, bentuk, ukuran, atau -ciri tertentu

 

 

menciptakan berbagai bentuk

tentang menggunakan playdough

tanah liat / pasir dan lain-lain

.

mnggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, warna krayon, arang, spidol dan bahan-bahan alam) dengan rapi

 

 

 

- Anak dapat menirukan kata Matahari muncul disiang hari

 

 

 

- Anak dapat menunjukkan benda langit yang kelihatan pada malam hari

 

 

 

- Anak dapat membuat bintang dan bulan dari plastisin matahari.

 

 

- Anak dapat menggambar bintang dengan baik

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Salam, membaca, surah-surah dan berdo'a

·        Bercakap-cakap

      menirukan kata-kata sebanyak 4 kata :

    " Matahari muncul di stang hari" (MB.2)

 

 

 

 

 

- Guru dan anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas:

   Menunjukkan benda langit yang kelihatan di    

    Malam hari. (KW 6)

 

 

-  Pemberian Tugas

    menbuat bentuk bintang dan bulan dari plastisin

     (FH.14)

 

 

- Pemberian Tugas

    menggambar bintang (FH.1)

 

 

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah

makan bermain di luar kelas

 

 

 

Guru anak

Buku

 

 

 

Plastisin

 

 

 

 

Pensil, Buku

garnbar

 

 

 

 

- Air serbit

- Bekal anak

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

Hasil Karya

 

 

 

 

 

mennyebutkan do'a sebelum dan

sesudah melaksanakan kegiatan

sesuai dengan keyakinan

 

 

-   Anak dapat menghafal do'a-do'a

pendek

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Praktik langsung

  Berdo'a (menghafal do'a-do'a pendek) (NAM.8)

- Do'a Salam

 

 

 

 

Semua anak

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

 

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : MATAHARI, BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT

Hari /Tgl                        : RABU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XV

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

Berdiri dengan tumit diatas

satu kaki dengan seimbang

 

 

 

 

Membedakan kata-kata yang

mempunyai suku kata awal - yang sama dan suku kata akhir yang sama dan lain-lain

 

 

menghubungkan / memasang-

lean lambang bilangan dengan

benda

 

 

Mewarnai bentuk gambar

sederhana

 

 

 

- Anak dapat berdiri dengan tumit

  dari hitungan 1-10 dengan benar

 

 

 

 

- Anak dapat menjawab pertanyaan

  awalan dan akhiran yang sama dari

  guru

 

 

 

- Anak dapat menghubungkan

   lambang bilangan dengan gambar

   bintang

 

 

- Anak dapat mewarnai gambar bulan

dan bintang

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Salam, membaca, surah-surah dan berdo'a

·      Praktik langsung :

·      Berdiri dengan tumit dengan hitungan 1-10 (FK.5)

 

 

 

 

- Guru dan anak

- Semua anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

Observasi

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

- Tanya Jawab

   Kata yang berakhiran yang sama

   Malam - Dalam

   Kata yang berawalan yang sama:

   Bulan - Bukan ( KM.

 

- Pemberian Tugas

   Menghubungkan lambang bilangan dengan

   gambar bintang ( KB.6)

 

- Pemberian Tugas

   mewarnai benda-benda langit

   Bulan - Bintang ( KB.6)

 

 

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah

makan bermain di luar kelas

 

 

 

 

Guru anak

 

 

 

 

 

Gambar

 

 

 

Krayon

 

 

 

 

 

- Air serbit

- Bekal anak

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

Hasil Karya

 

 

 

 

 

 

menyanyi lagu-lagu keagamaan

 

 

 

-   Anak dapat menyanyikan lagu-lagu

keagamaan

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

 

- Praktik langsung

  menyanyi lagu lagu keagamaan

  (NAM.3)

- Kesimpulan

- Do'a Salam

 

 

 

 

 

 

 

Semua anak

 

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : MATAHARI, BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT

Hari /Tgl                        : KAMIS

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XV

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

 

 

menyanyi lebih dari 20 lagu  anak-anak

 

mengungkapkan sebab akibat

 

mengelompokkan benda dengan berbagai a menurut ciri-ciri tertentu

menggunting dengan bagai media

berdasarkan bentuk pola lingkaran

 

memelihara milik sendiri

 

 

 

 

 

 

 

·   Anak dapat menyanyi lagu anak-anak

 

·   Anak dapat menjawab pertanyaan sederhana

·   Anak mampu mengelompokkan benda menurut waktu

·   Anak dapat menggunting bentuk bulan dengan pola lingkaran dengan rapi

·   Anak dapat memelihara hasil karya nya sendiri

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca doa sebelum belajar, ayat empat, doa untuk ibu bapak dll

·      Absen anak

·      Apersepsi kegiatan ,menyapaikan tujuan pembelajaran

·      Menyanyikan lagu "Bintang Kecil"

 

 

 

 

 

 

 

 

Anak dan guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·      TJ: Mengapa bila siang keadaan terang? (karena ada Matahari) (MK.2)

·      PT: Mengelompokkan benda menurut waktu: Bila malam

·      ada bulan dan bintang. Siang ada matahari. (Kw.8)

 

·      PL: Menggunting bentak bulan

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, sambil berbagi bekal yang di bawa dari rumah, bermain

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

·      PL: Memelihara hasil karya sendiri

·      Menyanyikan lagu "Ambilkan Bulan"

·      Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·      Informasi kegiatan besok hari

·      Doa, salam

 

 

LKS

 

 

 

 

 

Pola dan

gunting

 

 

- Air serbit

- Bekal anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil Karya

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : MATAHARI, BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT

Hari /Tgl                        : JUM’AT

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XV

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

Selalu  memberi dan

membalas salam

 

 

 

 

menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak

 

menunjuk dan memberikan keterangan yang berhubungan

dengan posisi eterangan tempat

mewarnai bentuk gambar sederhana

dengan rapi

 

 

 

 

 

 

 

menyanyikan lagu-lagu keagamaan

 

·  Anak dapat membalas salam dengan sopan

 

 

 

 

·  Anak dapat menyanyi dengan baik

 

 

·  Anak dapat menunjuk benda-benda dilangit pada malam hari

·  Anak dapat mewarnai gambar dengan rapi

 

 

 

 

 

 

 

·  Anak dapat menyanyi lagu keagamaan dengan baik dan tertib

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca doa sebelum belajar, ayat empat, doa untuk ibu bapak dll

·      Absen anak

·      Apersepsi kegiatan ,

·      menyapaikan tujuan pembelajaran

·      PL: Menyanyi lagu "Bintang Kecil" (MK.10)

 

 

 

 

 

 

 

Anak dan guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·      PT: Menunjuk benda-benda yang ada dilangit pada malam hari

·      PL: Mewarnai bentuk bulan, bintang dala ukuran besar

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain

 

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

·       Menyanyikan lagu-lagu Keagamaan

     "Rukun Islam", "Rukun Iman",

·       Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·       Informasi kegiatan besok hari

·       Doa, salam

 

 

LKS, pensil

warna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : MATAHARI, BULAN, BINTANG, BUMI DAN LANGIT

Hari /Tgl                        : SABTU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XV

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

ALAT

HASIL

bersyair yang bernafaskan

agama

 

 

 

 

 

membilang!menyebut urutan

bilangan dari 1-20

 

 

bercerita menggunakan kata

aku, saya, kamu, dia,

mereka

menyusun benda dari besar

mil atau sebaliknya

menggambar bebas dari

benuk dasar titk, lingkaran,

segitiga, segi empat

 

 

 

 

 

melaksanakan kegiatan

ndiri sampai selesai

 

·           Anak bersyair dengan baik

 

 

 

 

 

·      Anak mampu berhitung 1- 20 dengan baik

 

 

 

·      Anak mampu menceritakan pengalaman waktu melihat bulan, bintang, dan matahari

·      Anak dapat memperkirakan gambar bentuk dari kecil ke besar

·      Anak mampu menggambar dengan meniru membuat garis bentuk bintang

·      Anak mampu menunjukkan hasil karyanya sendiri

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Menyanyikan lagu "Bismillah"

·      Membaca doa sebelum belajar , ayat empat, doa untuk ibu bapak dll

·      Absen anak

·      Apersepsi kegiatan

·      Berhitung dari 1-20

·      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

Anak dan guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·      Bercerita: Pengalaman anak waktu melihat bulan,

bintang, matahari (MK. 11)

·      PT: Memperkirakan ucutan besar kecil benda pada lembar kerja

·      PT: Meniru membuat garis bentuk bintang

 

III. ISTIRAHAT(± 30 Menit)

·      Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan.

·      Makan snack, bermain

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

·      PL: Mampu menunjukkan hasil kerja

·      Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·      Anak dan guru menyanyikan lagu "matahariku"me

·      Informasi kegiatan besok hari

·      Doa, salam

 

 

LKS

 

 

 pensil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil Karya anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

RENCANA KEGIATAN HARlAN

 

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : SENIN

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVI

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

UpacarA bendera (SEM.14)

 

 

 

 

 

Bercakap-cakap tentang macam-macam gejala alam

 

 

PT: Menggambar suasana hujan

 

 

PT: Meniru pola bentuk payung

 

 

PT: Menggunting gambar payung

 

- Anak dapat mengikuti upacara bendera

 

 

 

 

 

- Anak dapat bercakap-cakap tentang macam-macam gejala alam

 

 

- Anak dapat menggambar suasana hujan

 

- Anak dapat meniru pola bentuk payung

 

- Anak dapat menggunting gambar payung

Upacara bendera ± 15 Menit

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·     Memberi dan membalas salam

·     Membaca do'a

·     Absen

·     Appersepsi

·     Bercakap-cakap tentang gejala alam

 

- Tiang bendera

 

 

  Guru dan anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas

   Membaca buku cerita bergambar tentang

   " sepeda baru "

 

- Pemberian tugas

   Mengerjakan Maze naik sepeda menuju rumah KP

 

- Pemberian tugas

  Menggambar sepeda dengan pensil warna FH)

 

 

 

ISTIRAHAT

·         Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah makan

·        bermain di luar kelas

 

 

 

Anak, buku,

gambar dan krayon

 

Gambar payung

 

gunting dan

gambar payung

 

 

Air, serbet, alat

bermain diluar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyebutkan perbedaan

gambar dua buah payung

 

 

-    Anak dapat menyebutkan

perbedaan gambar dua buah payung

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Anak tanya jawab tentang perbedaan gambar dua buah payung

- Diskusi (yang telah dilaksanakan)

- Umpan balik

- Informasi untuk esok

- Salam

- pulang

 

 

 

Anak dan Guru

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

 

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : SELASA

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVI

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

Bercakap-cakap menolong orang yang kebanjiran

 

 

 

 

PT: Menyusun balok-balok membentuk bendungan

 

 

PT: Meneruskan kalimat

tentang nama-nama gejala alam sesuai dengan gambar

 

PT: Mewarnai gambar orang

Kebanjiran

 

 

 

 

 

- Anak dapat bercakap-cakap tentang macam-macam gejala alam

 

 

 

 

- Anak dapat menggambar suasana hujan

 

 

- Anak dapat meniru pola bentuk payung

 

 

- Anak dapat menggunting gambar payung

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·     Memberi dan membalas salam

·     Membaca do'a

·     Absen

·     Appersepsi

·     Bercakap-cakap menolong orang kebanjiran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Anak menyusun balok-balok membentuk bendungan

 

 

- Anak meneruskan kalimat tentang nama-nama gejala alam sesuai dengan gambar

 

 

 

- Anak mewarnal gambar orang kebanjiran

 

ISTIRAHAT

·         Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah makan

·        bermain di luar kelas

 

 

Balok

 

 

 

Anak

 

 

 

 

Gambar

Krayon

 

 

Air, serbet, alat

bermain diluar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

bercakap-cakap sebab akibar banjir

 

 

-    Anak dapat menyebutkan

perbedaan gambar dua buah payung

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

-  Anak bercakap-cakap sebab akibat banjir

 

- Diskusi (yang telah dilaksanakan)

- Umpan balik

- Informasi untuk esok

- Salam

- pulang

 

 

 

 

 

Anak dan Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : RABU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVI

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

TJ: tentang perbuatan yang benar dan salah

 

 

 

PT: Menirukan suara petir dan guntur

PT: Mengurutkan pola gambar

awan, hujan, petrir, awan, hujan, .... Dst

PT: Menggambar suasana hujan disertai petir

 

 

 

 

 

- Anak dapat mengetahui perbuatan yang benar dan salah

 

 

 

- Anak dapat menirukan suara petir dan guntur

- Anak dapat mengurutkan pola gambar awan, hujan, petrir, awan, hujan, .... Ost

- Anak dapat menggambar suasana hujan disertai petir

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·     Memberi dan membalas salam

·     Membaca do'a

·     Absen

·     Appersepsi

·     Anak tanya jawab tentang perbuatan yang benar dan yang salah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Anak meniru suara petir dan guntur

 

- Anak mengurutkan pola gambar, awan, hujan, petir awan hujan, ..... Dst

 

- Anak menggambar suasana hujan disertai petir

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah makan

·        bermain di luar kelas

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Diskusi (yang telah dilaksanakan)

- Umpan balik

- Informasi untuk esok

- Salam

- pulang

 

Anak

 

 

Gambar

krayon

 

 

 

 

Air, serbet, alat

bermain diluar

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

 

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : KAMIS

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVI

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

 

 

 

Berani tampil di depan umum

 

Menggunting bebas

 

Membilang menyebutkan

urutan bilangan 1- 5

 

 

 

 

 

 

 

- Anak tampil di depan umum

 

- Anak dapat mewarna dan  enggunting

 

- Anak dapat menulis angka 1-5 hujan disertai petir

- Anak dapat menulis huruf "Hujan"

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·         Memberi salam

·         Do'a mau balajar

·         Absen

·         Menyanyi lagu tik-tik bunyi hujan (MK)

 

 

 

 

 

Diri anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Berani tampil di depan kelas untuk menyanyi (SEM)

- Menggunting gambar jas hujan (FH)

 

- Membilang 1- 5 nama-nama benda yang bisa

   digunakan waktu hujan (KB)

- Menulis tulisan hujan

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan

·        Do'a mau makan

 

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Diskusi (yang telah dilaksanakan)

- Menyanyi lagu anak-anak

- Informasi untuk esok

- Do'a

- Salam

Diri anak

 

 

Kertas

Gunting

 

 

Kertas, pensil

 

 

Air, serbet, alat

bermain diluar

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

 

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : JUM’AT

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVI

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana dengan urut

 

memasangkan benda sesuai pasagan pasangannya

 

mentaati peraturan yang ada

menarii/senam menurut musik yang didengar

mengurus dirinya sendiri apa bantuan (Makan)

 

mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu atau centa

 

 

 

 

 

·       Anak mampu menceritakan proses terjadinya hujan secara berurutan

 

 

·       Anak ,mampu menyusun atau memasangkan kepingan puzzle sesuai dengan pasangannya

·       Anak dapat berbaris dengan rapi

·       Anak dapat mengikuti gerakan senam dengan lincah menurut musik yang didengar

·       Anak dapat makan sendiri tanpa disuapi

·       Anak dapat bergerak dengan diiringi syair yang bernafaskan agama

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca doa sebelum belajar , ayat empat, doa untuk ibu bapak dll

·      Absen anak. Apersepsi kegiatan

·      Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran

·      Bercerita: Proses terjadinya hujan

 

 

 

 

Guru dan anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·       PT: Menyusun kepingan puzzle

 

·       PL: Berbaris dengan rapi

 

·       PL: Senam sehat ceria

·       PL: Makan tambahan yang bergizi

 

ISTIRAHAT

·      Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan.

·      Makan snack, bermain

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

·       Bernyanyi lagu-lagu yang bernafaskan agama

·       Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·       Umpan balik

·       Informasi kegiatan besok hari

·       Doa, salam

 

Puzzle

 

VCD Senam

Makanan

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

RENCANA KEGIATAN HARlAN

 

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : SABTU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVI

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menulis nama sendiri dengan lengkap

 

 

 

Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, garis lengkung, lingkaran segitiga segiempat (FH.2)

 

 

Menyanyi lagu-lagu keagamaan

 

 

 

 

 

- Anak dapat menyebutkan macam- macam ciptaan Allah dengan benar

 

 

- Anak dapat meniru tulisan warna warni pelangi dengan benar

 

 

- Anak dapat menggambar bentuk pelangi dengan benar

 

 

 

- Anak dapat menyanyi dengan lafal yang baik dan benar

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Salam dan berdo'a sebelum kegiatan, membaca surah-surah pendek

·      Appersepsi

·      Tanya jawab

·     Macam-macam ciptaan Allah

 

 

 

 

 

 

 

Anak guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas

  Menulis warna warmi pelangi

 

 

- Pemberian tugas

  Menggambar gambar garis lengkung jadi bentuk

   gambar pelangi

 

- Pemberian tugas

  Menyanyi lagu-lagu " Pelangi - pelangi "

 

 

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah makan

·        Bermain

 

Buku, tulis

Pensil

 

 

 

Buku gambar

bentuk gambar

pelangi, pensil

Anak langsung

 

 

 

 

 

 

Air, serbet,  ekal anak, main diluar dan didalam

semua

 

Observasi

 

 

 

 

Hasil karya

 

observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Mencoba dan menceritakan

tentang apa yang terjadi jika :

warna dicampur, proses

pertumbuhan tanaman,

macam-macam rasa dst (KP.4)

 

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Bercakap-cakap sebab akibat banjir

   Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur

- Umpan balik

- Informasi untuk esok hari

- Do'a pulang dan salam

 

 

 

 

Guru, Anak

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : SENIN

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

 

Memelihara kebersihan lingkungan misal:

tidak mencoret-coret tembok, membuang sampah pada tempatnya (Nam26)

 

Mengungkapkan sebab akibat

misal: mengapa kita lapar, dsb (KP.6)

Gerakan bebas sesuai dengan

irama (FK. 11)

 

Mewarnai bentuk gambar

sederhana (FH.27)

 

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat memelihara kebersihan lingkungan

 

 

 

- Anak dapat mengetahui sebab akibat terjadi sesuatu

 

- Anak dapat bergerak sesuai irama

 

 

- Anak dapat mewarna dengan rapi

Upacara bendera ± 15 Menit

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·     Do' mau belajar

·     Absensi

·     Asmaul Husna

·     Bercakap-cakap tentang kebersihan lingkungan

 

 

- Tiang bendera

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

- Tanya Jawab Mengapa terjadi banjir

 

- Anak bergerak sesuai irama musik:

  TIK TIK BUNYI HUJAN

 

 

- Anak mewarnai gambar orang sedang kebanjiran

 

ISTIRAHAT

·        Do'a mau belajar

·        Cuci tangan, main di luar

·         Do'a habis makan

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Kesimpulan hari ini

- Informasi hari besok

- Salam

- Penutup (Do'a)

 

 

Anak

 

Anak

 

 

 

Anak, LKS, Crayon

 

 

- Air serbit

- Bekal anak

 

 

Observasi

 

Observasi

 

 

 

Hasil karya

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : SELASA

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

 

- Menyebutkan, Berdo'a berdo'a sebelum dan sesudah kegiatan sesuai keyakinan.

 

- Mengungkapkan sebab akibat

 

 

- Mengulang kalimat yang telah didengarnya.

 

- Mencetak sesuai dengan media

 

 

 

 

 

 

 

Berani bertanya dan menjawab

pertanyaan

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat membaca do'a lafaz yang benar

 

 

- Anak dapat mengungkapkan terjadi-nya sesuatu

 

- Anak dapat mengulang kalimatyang telah didengarnya.

 

- Anak dapat menggambar dengan menggunakan peralatan yang ada.

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat menjawab dan berranya

  secara sederhana.

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Salam

·      berdo'a sebelum belajar membaca ayat 4 dan do'a ibu bapak

·      Pl membaca do'a hendak belajar (Nam 8)

Membaca do'a sebelum minum obat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- BC. Mengungkapkan asal terjadinya pelangi (KP 6)

 

 

- PT. Mengulang kalimat yang telah

  didengarnya (KP 6)

 

- PT. Menggambarkan pelangi dengan menggunakan

pensil warna (Fh 4)

 

ISTIRAHAT

·         Cuci tangan, berdoa

·          Bermain

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- TJ. Kapan terjadinya pelangi ( Sem 23)

- Kesimpulan hari ini

- Informasi untuk hari esok

- salam

- Do'a

 

 

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : RABU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

Berdo'a sebeium dan sesudah melaksanakan kegiatan sesuai dengan keyakinan

 

Membuat urutan bilangan 1- 20 dengan benda-benda

 

Mencocok bentuk telah didengarnya.

 

Mengelompokkan kata-kata

yang sejenis

 

 

 

 

- Agar anak dapat berdo'a dengan baik dan benar.

 

 

- Agar anak dapat membuat urutan bilangan dengan benar.

 

- Agar anak dapat mencocok bentuk dengan baik dan rapi.

- Agar anak dapat mengelompokkan kata - kata dengan benar.

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·     Memberi dan membalas salam

·     Membaca AI - Fatihah

·     Membaca do'a belajar

·      Pl membaca do'a ibu bapak (Nam)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

- PT: Membuat urutan bilangan 1- 20 dengan bentuk segitiga

 

- PT: mencocok gambar gunung (FH)

- TJ: Mengelompokkan kata-kata gejala alam yang merugikan (MK)

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan, membaca doa sebelum dan sesudah makan

·          

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Diskusi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan

- Informasi untuk hari esok

- Membaca do'a pulang

- salam

 

 

 

 

 

Gambar

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

 

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : KAMIS

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

 

- Memberi dan membalas salam

  SEM (11)

- Menghubungkan gambar benda

dengan kata (KS.5)

- Membilang (mengenal konsep

  bilangan dengan benda (Kb.2)

 

 

 

 

 

 

- Menggambar bebasdengan

  berbagai media ( kapur tulis,

  pensil warna, krayon, arang,

  spidol dan bahan alam)  dengan

  rapi (FH.1)

 

 

 

 

 

 

- Agar anak dapat membalas salam

 

- Anak dapat menghubungkan gambar dengan tulisannya

- Anak dapat membilang benda

 

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat menggambar macam- macam gejala alam

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Do'a belajar

·      Menyanyi Lagu Anak

 

 

  Anak dan Guru

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- PL: Selalu memberi dan membalas salam ketika

   bertamu.

- Menguhubungkan gambar petir dengan tulisan.

 

- Membilang macam-macam gejala alam

   misal: Hujan, petir, dan lain-lain

 

ISTIRAHAT

·         Do'a makan

·         Cuci tangan

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Do'a sesudah makan

- Menggambar macam-macam gejala alam

- Membaca do'a pulang

- salam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Air dan serbet

 

 

 

 

Buku gambar, pensil

warna

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : JUM’AT

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

Mencoba dan menceritakan

tentang apa yang terjadi

 

 

 

Menyebutkan simboi-simbol

vokal dan konsonan yang

di kenal lingkungan sekitar.

Menirukan kembali 4-5 urutan

kata

Menggambar bebas dengan

berbagai media ( kapur tulis,

pensil warna, krayon, arang,

spidol dan bahan alam)

dengan rapi

 

 

 

 

 

Menghargal karya orang teman/

orang Iain

 

 

 

- Anak dapat mencoba dan menceritakan.

 

 

 

- Anak dapat menyebutkan huruf Tanah Longsor dengan benar

- Anak dapat menirukan 4-5 urutan kata.

 

- Anak dapat menggambar pohon- pohon (hutan) denganbagus.

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Salam, membaca surah,-surah dan berdo'a

·      Praktek langsung

·      Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika :

    Tanah ditumpuk lalu disiram air yang banyak

 

 

 Anak dan Guru

Tanah, air

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Pemberian tugas

  menyebutkan huruf : TANAH LO,NGSOR (KP.4)

 

- Pemberian tugas

   Menirukan 4 - 5 urutan kata (AK.1)

 

- Pemberian tugas

   Menggambar pohon-pohon (hutan) (MB.2)

 

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah

·        makan, bermain di luar kelas (KH.1)

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Bercakap-cakap

- Menghargai  karya orang lain (SEM 28)

- Membaca do'a pulang

 

 

Guru anak

 

 

 

Semua anak

Pensil

 

buku gambar

 

 

 

Air dan serbet

Bekal anak

 

 

 

Guru dan anak

 

Observasi

 

 

 

Observasi

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

RENCANA KEGIATAN HARlAN

Tema                             : ALAM SEMESTA

Sub Tema                      : GEJALA ALAM

Hari /Tgl                        : SABTU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : XVII

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

BBC: memuji karya teman (SEM)

 

 

 

 

PT: Meniru lambang bilangan

 

PL: Senam fantasi menirukan

pohon diangin kencang (FK)

 

PT: mewarnai gambar kemah

untuk korban bencana alam

(FH)

 

 

 

 

- Anak dapat memuji karya teman

 

 

 

 

- Anak meniru lambang bilangan 1- 20

 

- Anak dapat menirukan pohon ditiup angin kencang

 

- Anak dapat mengenal gambar kemah untuk korban bencana alam.

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca do'a

·      Absen

·      Apersepsi

·      Bercakap-cakap tentang hasil karya teman

 

 

 

 Anak dan Guru

Tanah, air

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Anak meniru larnbang bilangan 1- 20

 

- Anak senam fantasi menirukan pohon diangin    

   Kencang

 

- Anak mewarnai gambar kemah utnuk korban   

   Bencana Alam

 

ISTIRAHAT

·    Cuci tangan, berdo'a sebelum dan sesudah makan

·    bermain diluar

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

Diskusi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan

- Informasi untuk hari esok

- Membaca do'a pulang

- salam

 

 

Guru anak

 

 

 

Semua anak

Pensil

 

buku gambar

 

 

 

Air dan serbet

Bekal anak

 

 

 

Guru dan anak

 

Observasi

 

 

 

Observasi

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

2 komentar: