Senin, 20 November 2017

RKH TK SEMESTER 2 TEMA ALAT KOMUNIKASI


HARI /

Tema                             : Alat Komunikasi

Sub Tema                      : Alat Komunikasi (Televisi)

Hari /Tgl                        : SENIN

Semester                        : II

Minggu Ke                     : X

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

Upacara Bendera ± 15 menit

Tiang Bendera

 

 

Menaati peraturan yang ada

 

 

 

 

 

 

 

- Mengemukakan pat secara sederhana

·   Anak dapat mengikuti upacara bendera dengan tertib

 

 

 

 

 

 

·   Anak mau mengemukakan pendapat waktu ditanyai tentang macam-macam alat komunikasi

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Memberi dan membalas salam

·       Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak

·       Absen anak. Apersepsi kegaiatan

·       Menyanyikan lagu "Rukun Islam" dan "Rukun Iman"

·       Menyampaikan materi dan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan

·       Guru dan Anak bertanya jawab tentang macam-macam alat komunikasi

 

Observasi

 

 

·   menirukan kembali 4-5 susunan kata

·   menyebutkan dan menceritakan perbedaan sebuah benda

·   menggambar bebas dengan berbagai media

·   mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapi

·   berbuat baik terhadap sesama makhluk Tuhan

 

·          Anak mampu menirukan kalimat dengan lafal yang benar

·         Anak mampu menyebutkan perbedaan televisi dan radio

·         Anak mampu menggambar bentuk televisi dengan rapi

·         Anak dapat mewarnai gambar dengan rapi

·         Anak bisa berbuat baik sesama teman

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·       PL: Menirukan kalimat: "Radio, Televisi, Telepon"

·       TJ: Menyebutkan perbedaan Televisi dan Radio.

·       PT: Menggambar bentuk Televisi

·       PT: Mewarnai gambar Televisi.

·        PL: Berbuat baik sesama teman. (Meminjamkan penghapus kepada teman yang membutuhkan, tidak mengganggu teman yang mengerjakan tugas)

 

 

 

 

 

Buku garnbar

Pensil warna

 

 

 

Hasil karya

anak

 

 

 

III. ISTIRAHAT (± 30 Menit)

Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan

snack, bermain

 

air, serbet, bekal

Percakapan

 

 

 

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

·       Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·       Menyanyikan lagu "televisi"

·       Informasi kegaiatan besok hari

·       Doa, salam

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

Tema                             : Alat Komunikasi

Sub Tema                      : Alat Komunikasi (elektronika)

Hari /Tgl                        : SELASA

Semester                        : II

Minggu Ke                     : X

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

·   berbcara dengan suara ramah dan teratur betteriak)

·   bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, mereka

·   menciptakan 3 bentuk susunan dari balok

·   menciptakan 3 dari kepingan geometi

·   menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya hewan, tanaman yang mempunyai bentuk, ukuran atau menurut ciri- tertentu

 

·  Anak mampu berbicara dengan sopan kepada guru dan teman

·  Anak mampu bercerita atau mengungkapkan kalimat menggunakan kata ganti

·  Anak dapat menciptakan meja/tempat televisi dari balok

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak

·      Absen anak.

·      Apersepsi kegiatan

·      Apersepsi kegaiatan, menyampaikan tujuan pembelajaran

·      PL: Berbicara dengan sopan

·      Menyanyikan lagu "Televisi"

 

 

Guru.dan anak

 

 

Observasi

 

 

·  Anakdapat menciptakan bentuk radio dari-kepingan geometri

·  Anak mampu menunjukkkan gambar alat komunikasi menurut bentuknya

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·      PT: Mengungkapkan kalimat: - Aku melihat televisi.

·      Kakak mendengarkan radio.

·      PT: Menciptakan meja/tempat televisi dari balok-balok

·      PT: Menciptakan bentuk radio dari kepingan geometri

·      PT: Menunjukkan gambar alat komunikasi menurut bentuknya

ISTIRAHAT

·      Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain

 

KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT)

·      Menyanyikan lagu "Radio"

·      Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·      Informasi kegaiatan besok har

·      Doa, salam

 

Balok

Kepingan

geometri

Gambar alat

komunikasi

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

Tema                             : Alat Komunikasi

Sub Tema                      : Alat Komunikasi (elektronika)

Hari /Tgl                        : RABU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : X

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

·   Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1-20

 

·   Bisa mengemukakan pendapat secara sederhana

 

 

 

 

·   Menyusun benda dari besar kecil atau sebaliknya

 

 

·   Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran

 

 

 

 

·   Mencocok dengan pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri

 

 

·   menghormati orang yang

muda dan yang lebih tua.

·      Anak dapat berhitung

·       bilangan 1-20 dengan baik

·        

·      Anak mau mengemukakan

·       pendapat saat tanya jawab

·       antara guru dengan anak

 

 

 

·      Anak mampu mengurutkan

·       gambar alat komunikasi dari

·       besar ke yang kecil

 

·      Anak mampu meniru

 membuat gambar telepon

·       dengan garis tegak, datar,

·       miring, lengkung dan

·       lingkaran

·      Anak dapat mencocok

·       gambar telepon ciptaannya

·       dengan rapi

·        

·      Anak dapat menghormati

·       orang yang lebih tua darinya.

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak dll

·      Absen anak. Apersepsi kegaiatan

·      Berhitung 1-20.

·      Anak dan guru tanya jawab tentang guna alat komunikasi

 

Guru.dan anak

 

 

 

 

Observasi

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·      PT: Mengurutkan gambar alat-alat komunikasi dari besar ke yang kecil

 

·      PT: Meniru membuat gambar telepon dengan garis tegak, datar, miring, lengkung, & lingkaran.

·      PT: Mencocok gambar telepon

 

ISTIRAHAT

·      Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain

 

KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT)

·      Bercakap-cakap: menghormati orang tua.

·      Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·      Umpan balik

·      Informasi kegaiatan besok hari

·      Doa, salam

 

 

LKS

 

 

Buku gambar

 

Cocokan dan

bantalan

 

Hasil karya

anak

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

Tema                             : Alat Komunikasi

Sub Tema                      : Alat Komunikasi (elektronika)

Hari /Tgl                        : KAMIS

Semester                        : II

Minggu Ke                     : X

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Membedakan dan menirukan kembali suara tertentu

·      Membilang (mengenai konsep bilangan dengan benda-benda sampai 10

·      menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk pola

·      menciptakan 3 dari kepingan geometri

·      dapat  melaksanakan tugas kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Anak dapat menirukan bunyi telepon

·      Anak dapat membilang gambar telepon

·      Anak dapat menggunting gambar telepon dengan rapi

·      Anak dapat menciptakan bentuk radio dan televisi dari kepingan geometri

·      Anak dapat bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan tugas kelompok

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak dll

·      Absen anak

·      Menyanyikan lagu "Radio"

·      Apersepsi kegaiatan ,menyapaikan tujuan pembelajaran

·      PL: Menyebutkan bunyi telepon

·       

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru.dan anak

 

 

Observasi

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·      PL: Membilang gambar telepon

·      PT: Menggunting gambar telepon

·      PT Menciptakan bentuk radio dan televisi dari kepingan geometri secara berkelompok

·      Anak dapat bekerjasama dengan teman.

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, sambil berbagi bekal yang di bawa dari rumah, bermain

 

KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT)

·      Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·      Guru dan anak menyanyikan kagu "televisi"

·      Informasi kegaiatan besok hari

·      Doa, salam

 

 

Gambar Gunting

Kepingan geometri

 

Hasil

karya

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

Tema                             : Alat Komunikasi

Sub Tema                      : Alat Komunikasi

Hari /Tgl                        : JUM’AT

Semester                        : II

Minggu Ke                     : X

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

·      Selalu  memberi dan membalas salam

 

 

 

 

·      Mengekspresikan berrbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/mimik dengan lentur

 

 

·      Menggambar bebas dengan berbagai media dengan rapi

·      Memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari)

·      Membuat urutan  bilangan 1-10 dengan benda-benda

·      Senang bermain dengan teman (tidak bermain      sendiri)

 

·      Anak dapat membalas salam dengan lafal yang baik dan benar

 

 

 

 

·      Anak dapat mengekspresikan gerakan sesuai dengan irama lagu

 

 

 

 

·      Anak dapat membuat gambar radio dengan rapi

·      Anak dapat menulis kata dengan memegang pensil dengan benar

·      Anak dapat membuat urutan bilangan 1-10 dengan gambar pola radio

·      Anak dapat dan mau bennain dengan teman (tidak berebut/ berkelahi)

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak dll

·      Absen anak

·      Apersepsi kegiatan , menyampaikan tujuan pembelajaran

·      PL: Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan/kaki, dengan diiringi lagu "Radio Televisi"

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru.dan anak

 

 

Observasi

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·      PL: Mengukur berat badan

·      PT: Membuat gambar radio & tulisan "Radio"

·      PT: Membuat urutan bilangan 1-10 dengan gambar radio..

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain

·        Anak mau bermain dengan teman

 

KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT)

·       Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·       Informasi kegaiatan besok hari

·       Doa, salam

 

 

Buku gambar

Pensil.

 

Hasil

karya

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

Tema                             : Alat Komunikasi

Sub Tema                      : Alat Komunikasi (Radio)

Hari /Tgl                        : SABTU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : X

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

·      doa sebelum  dan sesudah kegiatan dengan tertib

 

·      menghubungkan gambar dan  tulisan  sederhana

 

 

 

 

 

·      menghubungkan memasangkan gambar dengan benda sampai 10 dengan memakal kolase

·      membuat berbagai bentuk daun-daunan dll

·      membedan perbuatan benar dan salah

 

·       Anak dapat membaca do'a sebelum belajar dan do'a- do'a pendek dengan tertib

·       Anak dapat menghubungkan gambar dengan kata

 

 

 

 

 

·       Anak dapat menghubungkan lambang bilangan dengan gambar

·       Anak dapt membuat gambar dengan tekhnik kolase (robekan kertas)

·      Anak dapat membuat bentuk radio dari kertas

·      Anak mau meminjamkan miliknya (meminjamkan pensil, penghapus, dsb)

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak dll

·      Absen anak

·      Apersepsi kegiatan

·      Guru  menyampaikan tujuan pembelajaran

·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·      Guru dan anak menyanyikan lagu "Radio"

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru.dan anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·      PT: Menghubungkan gabar radio dengan kata

·      PT: Menghubungkan lambang bilangan dengan gambar radio

·      PT: Membuat gambar radio dengan kolase memeka robekan kertas

·      PT: Membuat radio dari kertas/kardus

·      Anak mau meminjamkan miliknya

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain

 

KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT)

·      Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·      Menyanyikan lagu " televisi ''

·      Informasi kegaiatan besok hari

·      Doa, salam

 

Pola radio

Pensil warna

kertas

Robekan

kertas

Kardus

 

Hasil

Karya anak

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

Tema                             : Alat Komunikasi

Sub Tema                      : Alat Komunikasi

Hari /Tgl                        : SENIN

Semester                        : II

Minggu Ke                     : X

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

·       Praktik langsung Upacara

      bendera (SEM) 14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       BP3) Menunjukkan benda yang sama  bentuknya (segi empat, lingkaran, gambar koran, majalah, amplop , tv, balon, HP) (FM24)

 

 

·        Menggunting

·      Anak dapat melaksanakan upacara

Bendera dengan baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Anak dapat menunjukkan benda yanq sama bentuknya seperti, segi empat, lingkaran gambar koran, majalah, tv, amplop, ty, balon, HP)

 

 

 

·       Anak dapat menggunting gambar dengan baik

UPACARA BENDERA ±  15 Menit

 

 

KEGIATAN AWAL ±  35 Menit

- Memberi dan membalas salam

- Membaca Doa belajar

- Absensi

- Apersepsi

- Tanya jawab

 

KEGIATAN INTI ±  60 MENIT

- Anak menunjukkan benda yang berbentuk segiempat lingkaran, gambar koran, majalah ty, amplop, balon, HP)

-  Anak disuruh membedakan benda yang berbentuk segi empat, lingkaran, gambar koran, majalah, tv, amplop, balon, HP)

 

- Anak menggunting gambar pada majalah/koran

 

ISTIRAHAT ± 30 Menit

- Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan

- Bermain di luar

 

KEGIATAN AKHIR ± 30 Menit

-  Anak menyanyikan lagu Televisi

- Diskusi tentang kegiatan hari ini

- Umpan balik

- informasi untuk esok hari

- Do'a pulang dan salam

 

 

 

 

 

Guru.dan anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Segi empat, lingkaran, majalah, tv,

amplop, balon, hp

 

 

Gunting, koran

majalah

 

 

 

 

 

Guru.dan anak

 

 

Hasil

Karya anak

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

Tema                             : Alat Komunikasi

Sub Tema                      : Alat Komunikasi (Radio)

Hari /Tgl                        : SELASA

Semester                        : II

Minggu Ke                     : X

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat menyebutkan perbedaan    benda, koran dan majalah)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat menyebutkan perbedaan

   benda, koran dan majalah

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak dll

·      Absen anak

·      Apersepsi kegiatan

·      Guru  menyampaikan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

Guru.dan anak

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

 

 

 

 

 

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain

 

KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT)

·       Anak menyebutkan perbedaan koran dan majalah

·       Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan

·      Menyanyikan lagu " televisi ''

·      Informasi kegaiatan besok hari

·      Doa, salam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru.dan anak

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

Tema                             : Alat Komunikasi

Sub Tema                      : Alat Komunikasi (Radio)

Hari /Tgl                        : RABU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : X

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·   Anak dapat mentaati aturan permainan

 

 

 

 

 

·   Anak dapat bermain bermacam-macam bentuk balok

·   Anak dapat menyusun bermacam-macam balok menjadi bentuk rumah

·   Anak dapat bersama-sama membuat rumah dari balok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Memberi dan membalas salam

·       Membaca Doa belajar

·       Absensi

·       Apersepsi

·       Tanya jawabpembelajaran

 

 

 

Guru.dan anak

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

·      Anak bermain bermacam-macam bentuk balok

·       Anak menyusun bermacam-macam balok menjadi bentuk rumah

 

·      Anak bersama-sama membuat rumah-rumahan dari balok

·      Anak membuat meja tempat majalah dari balok

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain

 

KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT)

·      Anak dapat mendengarkan cerita tentang gambar yang ada di majalah

·       Anak mendengarkan cerita tentang gambar yang ada di majalah

·       Diskusi tentang kegiatan hari ini

·       Umpan belik

·       informasi untuk esok hari

·       Do'a pulang dan salam

 

balok

 

balok

 

 

 

balok

 

 

 

 

 

 

 

Guru.dan anak

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

Tema                             : Alat Komunikasi

Sub Tema                      : Alat Komunikasi

Hari /Tgl                        : KAMIS

Semester                        : II

Minggu Ke                     : X

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

-   Menyanyi lagu agama

 

 

 

 

 

 

-    Anak menirukan gerakan shalat dengan benar

-       Anak dapat membedakan kasar halus (media majalah dan koran)

 

-       Anak dapat melipat kertas koran menjadi kapal-kapalan

 

 

 

 

 

Anak dapat mendengarkan cerita tentang gambar yang ada di majalah

 

 

-       Anak dapat menyanyikan lagu-lagu agama

 

 

 

 

 

 

-       Anak dapat menirukan gerakan shalat dengan benar

-       Anak dapat membedakan kasar halus (media majalah dan koran)

-       Anak dapat melipat kertas koran menjadi kapal-kapalan

 

 

 

 

 

 

Anak dapat mendengarkan cerita tentang gambar yang ada di majalah

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·       Memberi dan membalas salam

·       Membaca Doa belajar

·       Absensi

·       Apersepsi

·       Tanya jawab

·       Anak bersama-sama menyanyi lagu keagamaan

 

 

anak dan Guru.

 

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

- Anak menirukan gerakan shalat dengan benar

- Anak membedakan kasar halus (media majalah dan

   koran)

- Anak melipat kertas koran menjadi kapal-kapalan

 

 

ISTIRAHAT

·        Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain

 

KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT)

·      Anak mendengarkan cerita Perbedaan koran dan majalah

·      Diskusi tentang kegiatan hari ini

·      Umpan belik

·      informasi untuk esok hari

·      Do'a pulang dan salarn

 

Anak dan Guru

Majalah dan koran

Koran

 

 

 

 

 

 

 

Anak, guru, koran dan majalah

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

1 komentar: