Tema
: Alat
Komunikasi
Sub
Tema : Alat
Komunikasi (Televisi)
Hari
/Tgl : SENIN
Semester : II
Minggu
Ke : X
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
|
|
Upacara Bendera ± 15 menit |
Tiang Bendera |
|
|
Menaati peraturan yang ada - Mengemukakan pat secara sederhana |
· Anak dapat mengikuti upacara bendera dengan tertib · Anak mau mengemukakan pendapat waktu ditanyai
tentang macam-macam alat komunikasi |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Memberi dan
membalas salam ·
Membaca doa
sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak ·
Absen anak.
Apersepsi kegaiatan ·
Menyanyikan
lagu "Rukun Islam" dan "Rukun Iman" ·
Menyampaikan
materi dan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan ·
Guru dan Anak
bertanya jawab tentang macam-macam alat komunikasi |
|
Observasi |
|
·
menirukan
kembali 4-5 susunan kata ·
menyebutkan dan
menceritakan perbedaan sebuah benda ·
menggambar
bebas dengan berbagai media ·
mewarnai bentuk
gambar sederhana dengan rapi ·
berbuat baik
terhadap sesama makhluk Tuhan |
·
Anak mampu menirukan kalimat dengan lafal
yang benar ·
Anak mampu menyebutkan perbedaan televisi
dan radio ·
Anak mampu menggambar bentuk televisi
dengan rapi ·
Anak dapat mewarnai gambar dengan rapi ·
Anak bisa berbuat baik sesama teman |
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
PL: Menirukan
kalimat: "Radio, Televisi, Telepon" ·
TJ: Menyebutkan
perbedaan Televisi dan Radio. ·
PT: Menggambar
bentuk Televisi ·
PT: Mewarnai
gambar Televisi. ·
PL: Berbuat baik sesama teman. (Meminjamkan
penghapus kepada teman yang membutuhkan, tidak mengganggu teman yang mengerjakan
tugas) |
Buku garnbar Pensil warna |
Hasil karya anak |
|
|
|
III.
ISTIRAHAT (± 30 Menit) Cuci tangan, baca doa sebelum dan sesudah makan snack, bermain |
air, serbet, bekal Percakapan |
|
|
|
|
IV.
KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) ·
Diskusi
kegiatan yang telah dilaksanakan ·
Menyanyikan
lagu "televisi" ·
Informasi
kegaiatan besok hari ·
Doa, salam |
|
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
Tema
: Alat
Komunikasi
Sub
Tema : Alat
Komunikasi (elektronika)
Hari
/Tgl : SELASA
Semester : II
Minggu
Ke : X
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
· berbcara dengan suara ramah dan teratur betteriak) · bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, mereka · menciptakan 3 bentuk susunan dari balok · menciptakan 3 dari kepingan geometi · menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya hewan,
tanaman yang mempunyai bentuk, ukuran atau menurut ciri- tertentu |
· Anak mampu berbicara dengan sopan kepada guru dan
teman · Anak mampu bercerita atau mengungkapkan kalimat
menggunakan kata ganti · Anak dapat menciptakan meja/tempat televisi dari
balok |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Memberi dan
membalas salam ·
Membaca doa
sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak ·
Absen anak. ·
Apersepsi
kegiatan ·
Apersepsi
kegaiatan, menyampaikan tujuan pembelajaran ·
PL: Berbicara
dengan sopan ·
Menyanyikan
lagu "Televisi" |
Guru.dan anak |
Observasi |
|
· Anakdapat menciptakan bentuk radio dari-kepingan
geometri · Anak mampu menunjukkkan gambar alat komunikasi
menurut bentuknya |
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
PT:
Mengungkapkan kalimat: - Aku melihat televisi. ·
Kakak
mendengarkan radio. ·
PT: Menciptakan
meja/tempat televisi dari balok-balok ·
PT: Menciptakan
bentuk radio dari kepingan geometri ·
PT: Menunjukkan
gambar alat komunikasi menurut bentuknya ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT) ·
Menyanyikan
lagu "Radio" ·
Diskusi
kegiatan yang telah dilaksanakan ·
Informasi
kegaiatan besok har ·
Doa, salam |
Balok Kepingan geometri Gambar alat komunikasi |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
Tema
: Alat
Komunikasi
Sub
Tema : Alat
Komunikasi (elektronika)
Hari
/Tgl : RABU
Semester : II
Minggu
Ke : X
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
· Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1-20 · Bisa mengemukakan pendapat secara sederhana · Menyusun benda dari besar kecil atau sebaliknya · Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung
dan lingkaran · Mencocok dengan pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri · menghormati orang yang muda
dan yang lebih tua. |
· Anak dapat berhitung · bilangan 1-20 dengan baik · · Anak mau mengemukakan · pendapat saat tanya jawab · antara guru dengan anak · Anak mampu mengurutkan · gambar alat komunikasi dari · besar ke yang kecil · Anak mampu meniru membuat
gambar telepon · dengan garis tegak, datar, · miring, lengkung dan · lingkaran · Anak dapat mencocok · gambar telepon ciptaannya · dengan rapi · · Anak dapat menghormati · orang yang lebih tua darinya. |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Memberi dan
membalas salam ·
Membaca doa
sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak dll ·
Absen anak.
Apersepsi kegaiatan ·
Berhitung 1-20. ·
Anak dan guru
tanya jawab tentang guna alat komunikasi |
Guru.dan anak |
Observasi |
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
PT: Mengurutkan
gambar alat-alat komunikasi dari besar ke yang kecil ·
PT: Meniru
membuat gambar telepon dengan garis tegak, datar, miring, lengkung, &
lingkaran. ·
PT: Mencocok
gambar telepon ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT) · Bercakap-cakap: menghormati orang tua. · Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan · Umpan balik · Informasi kegaiatan besok hari · Doa, salam |
LKS Buku gambar Cocokan dan bantalan |
Hasil karya anak |
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
Tema
: Alat
Komunikasi
Sub
Tema : Alat
Komunikasi (elektronika)
Hari
/Tgl : KAMIS
Semester : II
Minggu
Ke : X
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
·
Membedakan dan
menirukan kembali suara tertentu ·
Membilang
(mengenai konsep bilangan dengan benda-benda sampai 10 ·
menggunting
dengan berbagai media berdasarkan bentuk pola ·
menciptakan 3
dari kepingan geometri ·
dapat melaksanakan tugas kelompok |
· Anak dapat menirukan bunyi telepon · Anak dapat membilang gambar telepon · Anak dapat menggunting gambar telepon dengan rapi · Anak dapat menciptakan bentuk radio dan televisi dari
kepingan geometri · Anak dapat bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan
tugas kelompok |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Memberi dan
membalas salam ·
Membaca doa
sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak dll ·
Absen anak ·
Menyanyikan
lagu "Radio" ·
Apersepsi
kegaiatan ,menyapaikan tujuan pembelajaran ·
PL: Menyebutkan
bunyi telepon ·
|
Guru.dan anak |
Observasi |
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
PL: Membilang
gambar telepon ·
PT: Menggunting
gambar telepon ·
PT Menciptakan
bentuk radio dan televisi dari kepingan geometri secara berkelompok ·
Anak dapat
bekerjasama dengan teman. ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, sambil berbagi bekal yang di
bawa dari rumah, bermain KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT) · Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan · Guru dan anak menyanyikan kagu "televisi" · Informasi kegaiatan besok hari · Doa, salam |
Gambar Gunting Kepingan geometri |
Hasil karya |
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
Tema
: Alat
Komunikasi
Sub
Tema : Alat
Komunikasi
Hari
/Tgl : JUM’AT
Semester : II
Minggu
Ke : X
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
·
Selalu memberi dan membalas salam ·
Mengekspresikan
berrbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/mimik
dengan lentur ·
Menggambar
bebas dengan berbagai media dengan rapi ·
Memegang pensil
dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari) ·
Membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda-benda ·
Senang bermain
dengan teman (tidak bermain sendiri) |
· Anak dapat membalas salam dengan lafal yang baik dan
benar · Anak dapat mengekspresikan gerakan sesuai dengan
irama lagu · Anak dapat membuat gambar radio dengan rapi · Anak dapat menulis kata dengan memegang pensil dengan
benar · Anak dapat membuat urutan bilangan 1-10 dengan gambar
pola radio · Anak dapat dan mau bennain dengan teman (tidak
berebut/ berkelahi) |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Memberi dan
membalas salam ·
Membaca doa
sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak dll ·
Absen anak ·
Apersepsi
kegiatan , menyampaikan tujuan pembelajaran ·
PL:
Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan/kaki, dengan diiringi lagu
"Radio Televisi" |
Guru.dan anak |
Observasi |
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
PL: Mengukur
berat badan ·
PT: Membuat
gambar radio & tulisan "Radio" ·
PT: Membuat
urutan bilangan 1-10 dengan gambar radio.. ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain ·
Anak mau
bermain dengan teman KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT) · Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan · Informasi kegaiatan besok hari · Doa, salam |
Buku gambar Pensil. |
Hasil karya |
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
Tema
: Alat
Komunikasi
Sub
Tema : Alat
Komunikasi (Radio)
Hari
/Tgl : SABTU
Semester : II
Minggu
Ke : X
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
· doa sebelum
dan sesudah kegiatan dengan tertib · menghubungkan gambar dan tulisan
sederhana · menghubungkan memasangkan gambar dengan benda sampai
10 dengan memakal kolase · membuat berbagai bentuk daun-daunan dll · membedan perbuatan benar dan salah |
· Anak dapat
membaca do'a sebelum belajar dan do'a- do'a pendek dengan tertib · Anak dapat
menghubungkan gambar dengan kata · Anak dapat
menghubungkan lambang bilangan dengan gambar · Anak dapt
membuat gambar dengan tekhnik kolase (robekan kertas) · Anak dapat membuat bentuk radio dari kertas · Anak mau meminjamkan miliknya (meminjamkan pensil,
penghapus, dsb) |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Memberi dan
membalas salam ·
Membaca doa
sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak dll ·
Absen anak ·
Apersepsi kegiatan
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran ·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran ·
Guru dan anak
menyanyikan lagu "Radio" |
Guru.dan anak |
Observasi |
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
PT:
Menghubungkan gabar radio dengan kata ·
PT:
Menghubungkan lambang bilangan dengan gambar radio ·
PT: Membuat
gambar radio dengan kolase memeka robekan kertas ·
PT: Membuat
radio dari kertas/kardus ·
Anak mau
meminjamkan miliknya ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT) · Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan · Menyanyikan lagu " televisi '' · Informasi kegaiatan besok hari · Doa, salam |
Pola radio Pensil warna kertas Robekan kertas Kardus |
Hasil Karya anak |
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
Tema
: Alat
Komunikasi
Sub
Tema : Alat
Komunikasi
Hari
/Tgl : SENIN
Semester : II
Minggu
Ke : X
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
· Praktik langsung Upacara bendera (SEM) 14 · BP3) Menunjukkan benda yang sama bentuknya (segi empat, lingkaran, gambar
koran, majalah, amplop , tv, balon, HP) (FM24) · Menggunting |
· Anak dapat melaksanakan upacara Bendera dengan baik · Anak dapat menunjukkan benda yanq sama bentuknya
seperti, segi empat, lingkaran gambar koran, majalah, tv, amplop, ty, balon,
HP) · Anak dapat
menggunting gambar dengan baik |
UPACARA BENDERA ± 15 Menit KEGIATAN AWAL ± 35 Menit - Memberi dan membalas salam - Membaca Doa belajar - Absensi - Apersepsi - Tanya jawab KEGIATAN INTI ± 60 MENIT - Anak menunjukkan benda yang berbentuk segiempat lingkaran,
gambar koran, majalah ty, amplop, balon, HP) - Anak
disuruh membedakan benda yang berbentuk segi empat, lingkaran, gambar koran,
majalah, tv, amplop, balon, HP) - Anak menggunting gambar pada majalah/koran ISTIRAHAT ± 30 Menit - Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan - Bermain di luar KEGIATAN AKHIR ± 30 Menit - Anak
menyanyikan lagu Televisi - Diskusi tentang kegiatan hari ini - Umpan balik - informasi untuk esok hari - Do'a pulang dan salam |
Guru.dan anak |
|
|
Segi empat, lingkaran, majalah, tv, amplop, balon, hp Gunting, koran majalah Guru.dan anak |
Hasil Karya anak |
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
Tema
: Alat
Komunikasi
Sub
Tema : Alat
Komunikasi (Radio)
Hari
/Tgl : SELASA
Semester : II
Minggu
Ke : X
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
- Anak dapat menyebutkan perbedaan benda, koran dan majalah) |
- Anak dapat menyebutkan perbedaan benda, koran dan majalah |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Memberi dan
membalas salam ·
Membaca doa
sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak dll ·
Absen anak ·
Apersepsi kegiatan
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran |
Guru.dan anak |
Observasi |
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT) · Anak menyebutkan perbedaan koran dan majalah · Diskusi kegiatan yang telah dilaksanakan · Menyanyikan lagu " televisi '' · Informasi kegaiatan besok hari · Doa, salam |
Guru.dan anak |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
Tema
: Alat
Komunikasi
Sub
Tema : Alat
Komunikasi (Radio)
Hari
/Tgl : RABU
Semester : II
Minggu
Ke : X
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
|
·
Anak dapat
mentaati aturan permainan ·
Anak dapat
bermain bermacam-macam bentuk balok ·
Anak dapat
menyusun bermacam-macam balok menjadi bentuk rumah ·
Anak dapat
bersama-sama membuat rumah dari balok |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Memberi dan membalas salam ·
Membaca Doa belajar ·
Absensi ·
Apersepsi ·
Tanya jawabpembelajaran |
Guru.dan anak |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) ·
Anak bermain
bermacam-macam bentuk balok ·
Anak menyusun bermacam-macam balok menjadi
bentuk rumah ·
Anak
bersama-sama membuat rumah-rumahan dari balok ·
Anak membuat
meja tempat majalah dari balok ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT) ·
Anak dapat
mendengarkan cerita tentang gambar yang ada di majalah · Anak
mendengarkan cerita tentang gambar yang ada di majalah · Diskusi
tentang kegiatan hari ini · Umpan belik · informasi
untuk esok hari · Do'a pulang
dan salam |
balok balok balok Guru.dan anak |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
Tema
: Alat
Komunikasi
Sub
Tema : Alat
Komunikasi
Hari
/Tgl : KAMIS
Semester : II
Minggu
Ke : X
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
- Menyanyi lagu agama - Anak menirukan gerakan shalat dengan benar - Anak dapat membedakan kasar halus (media majalah dan
koran) -
Anak dapat
melipat kertas koran menjadi kapal-kapalan Anak dapat mendengarkan cerita
tentang gambar yang ada di majalah |
- Anak dapat menyanyikan lagu-lagu agama - Anak dapat menirukan gerakan shalat dengan benar - Anak dapat membedakan kasar halus (media majalah dan
koran) - Anak dapat melipat kertas koran menjadi
kapal-kapalan Anak
dapat mendengarkan cerita tentang gambar yang ada di majalah |
I. KEGIATAN AWAL ± 30
MENIT ·
Memberi dan membalas salam ·
Membaca Doa belajar ·
Absensi ·
Apersepsi ·
Tanya jawab ·
Anak bersama-sama menyanyi lagu keagamaan |
anak dan Guru. |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) -
Anak menirukan gerakan shalat dengan benar -
Anak membedakan kasar halus (media majalah dan koran) -
Anak melipat kertas koran menjadi kapal-kapalan ISTIRAHAT ·
Cuci tangan,
baca doa sebelum dan sesudah makan. Makan snack, bermain KEGIATAN AKHIR (± 30 MENIT) · Anak mendengarkan cerita Perbedaan koran dan majalah · Diskusi tentang kegiatan hari ini · Umpan belik · informasi untuk esok hari · Do'a pulang dan salarn |
Anak dan Guru Majalah dan koran Koran Anak, guru, koran dan majalah |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
Izin share ya bun
BalasHapus