Jumat, 24 November 2017

RKH tk semester 2 air api dan udara

HARI /

 

Tema                             : AIR, UDARA, API

Sub Tema                      :

Hari /Tgl                        : Kamis

Semester                        : II

Minggu Ke                     :

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

1. KEGIATAN AWAL (± 30 Menit)

 

 

 

 

-    Anak dapat mengucap salam dgn baik

-    Anak dapat membaca surah dengan benar dan berdoa dengan baik dan benar

 

·   Memberi dan membalas salam

·   Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak

 

 

·   Mengabsen murid

·   Apersepsi kegiatan yang akan dilaksanakan

 

- Guru, anak

- Guru dan anak

 

Observasi

observasi

1. melakukan 3 - 5 perintah secara berurutan dengan benar

-    Agar anak dapat melakukan perintah secara berurutan dengan benar

 

 

·   PL: Ambil gelas yang berisi air susu (MB)

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

 

 

 

5. Mengisi dan menyebutkan isi wadah (gelas, botol) dengan air, pasir, dll

 

-    Agar anak dapat menyebutkan isi wadah (gelas) yang berisi air

PL: Menyebutkan isi gelas yang berisi susu dan apa

rasanya (KW)

 

Gelas, air, susu

 

 

 

7. mencocok bentuk

Agar anak dapat mencocok gambar dengan baik

PT: Mencocok gambar gelas (FH)

 

Gambar gelas

 

 

 

 

 

III. ISTIRAHAT (± 30 Menit)

-       Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain di luar kelas

 

 

 

 

 

 

 

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Diskusi tentang kegiatan yang dilaksanakan

- Informasi untuk kegiatan besok

- Membaca doa pulang

- salam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

…………………………                                                                                                                                                         ……………………..

 

 

 

 

Tema                             : AIR, UDARA, API

Sub Tema                      :

Hari /Tgl                        : Jum’at

Semester                        : II

Minggu Ke                     :

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

1. KEGIATAN AWAL (± 30 Menit)

 

 

 

 

 

·   Memberi dan membalas salam

·   Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak

 

·   Mengabsen murid

·   Apersepsi kegiatan yang akan dilaksanakan

 

 

- Guru, anak

- Guru dan anak

 

Observasi

observasi

18 Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut

 

 

agar anak dapat bercerita kembali

cerita secara urut dengan benar

 

BC: Menceritakan cara berwudhu secara urut (MK)

 

Guru, anak

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

 

 

3.Menyebutkan dan menceritakan

 perbedaan 2 buah benda

 

 

26.Membuat gambar dengan

  teknik mozaik dengan

  memakai berbagai bentuk  (d ll)

 

 

melaksanakan kegiatan sesuai

keyakinan

Anak dapat menyebutkan perbedaan

2 buah benda dengan benar

 

 

Agar anak dapat membuat gambar

dengan berbagai bentuk dengan benar

 

 

 

Agar anak dapat melaksanakan kegiatannya dengan benar

 

 

PL: Membedakan tempat berwudhu dengan tempat buang air besar/WC (KP)

 

 

PT: Membuat gambar tempat berwudhu (FH)

 

 

 

 

PL: Berwudhu dengan menggunakan air bersih (NAM)

 

 

gambar tempat

wudhu dan tempat

buang air besar

Pensil warna

 

 

 

 

 

III. ISTIRAHAT (± 30 Menit)

-       Cuci  tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain di luar kelas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Diskusi tentang kegiatan yang dilaksanakan

- Informasi untuk kegiatan besok

- Membaca doa pulang

- salam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

…………………………                                                                                                                                                         ……………………..

 

 

 

 

Tema                             : AIR, UDARA, API

Sub Tema                      :

Hari /Tgl                        : Sabtu

Semester                        : II

Minggu Ke                     :

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

1. KEGIATAN AWAL (± 30 Menit)

 

 

 

 

-    Anak dapat mengucap salam dgn baik

-    Anak dapat membaca surah dengan benar dan berdoa dengan baik dan benar

 

·   Memberi dan membalas salam

·   Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak

 

·   Mengabsen  murid

·   Apersepsi kegiatan yang akan dilaksanakan

 

- Guru, anak

- Guru dan anak

 

Observasi

observasi

1. Mengungkapkan asal terjadi-

   nya sesuatu

 

 

Anak dapat mengungkapkan asal t

terjadinya hujan dengan benar

 

BC: Mengungkapkan asal mula terjadinya hujan (Kp)

Guru, anak

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

 

 

10. Menyanyikan lebih dari 20

     lagu anak-anak

 

Anak dapat menyanyikan lagi anak-

anak dengan benar

 

 

PT: Menyanyikan lagu "Tik tik Bunyi Hujan"

Anak

 

 

 

21. Melaksanakan tugas sendiri

    sarnpai selesai

 

agar anak dapat melaksanakan tugasnya

dengan baik

 

 

 

PT: Menggarnbar Hujan (SEM)

Buku gambar,

pensil, pensil warna

 

 

 

17.Mewarnai bentuk gambar

    sederhana

Agar anak dapat mewarnai gambar

dengan benar dan rapi

 

 

 

PT: Mewarnal gambar hujan (FH)

Pensil warna

 

 

 

 

 

III. ISTIRAHAT (± 30 Menit)

-       Cuci  tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain di luar kelas

 

 

 

 

 

 

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Diskusi tentang kegiatan yang dilaksanakan

- Informasi untuk kegiatan besok

- Membaca doa pulang

- salam

 

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

 

 

…………………………                                                                                                                                                         ……………………..

 

 

 

 

Tema                             : AIR, UDARA, API

Sub Tema                      :

Hari /Tgl                        : SENIN

Semester                        : II

Minggu Ke                     : IX

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

Upacara Bendera ± 15 menit

 

 

 

Menaati peraturan yang ada

 

- Anak dapat mengikuti upacara bendera dengan baik

 

I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT

·      Memberi dan membalas salam

·      Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak

·      Mengabsen murid

·      Apersepsi kegiatan yang akan dilaksanakan

·      Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran

·      Bercakap tentang Tema hari ini

 

Tiang Bendera

- Anak Langsung

- Anak Langsung

 

 

Pengamatan

Pengamatan

Menyanyi lagu "API”

 

 

 

tentang Kegunaan api

 

- Anak mampu rnenyanyi | dengan baik

- Anak mampu menjawab pertanyaan

   dengan baik

 

- Anak dapat memahami kegunaan api

- Anak dapat membedakan warna api

 

Menyanyi lagu "API BERWARNA BIRU"

- Guru dan anak bersama-sama menyanyi lagu

- Guru bertanya-tanya kepada anak

 

- Guru Bercerita tentang guna api

- Guru Memperlihatkan gambar api

Lagu "API"

 

 

Tanya Jawab

 

Gambar api

 

 

 

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

 

 

membedakan sama dan

tidak  sama dengan gambar

(KW 1)

-  Anak dapat membedakan sama dan  

   tidak sama dengan gambar

 

- anak dapat menganalisa dua gambar

   yang berbeda

 

- anak dapat menunjukkan perdedaan

  gambar yang ada

- Guru Menanyakan kepada anak perbedaan dua buah    

   Gambar

 

- guru menyuruh anak untuk menganalisa gambar yang

  Dilihatnya

 

- Guru menyuruh anak untuk menunjukkan perbedaan gambar yang ada

- Buku Pedoman

- Gambar kompor

  yang menyala

  dan tidak menyala

 

 

 

 

 

 

 

 

Mencocok gambar kompor (FH.7)

 

- anak dapat mencocok bentuk gambar

   kompor

- anak dapat melaksanakan tugas sampai

  selesai

 

- Guru membagikan bahan yang akan dikerjakan anak

- guru memerintah untuk anak supaya aktif    

   Melaksanakan tugas sampai selesai mewarnai   

  gambar meghemat pemakaian air dan listrik

 

- Gambar  ompor

 

- Paku, bantal

 

 

 

 

 

Percakapan

menghibur teman yang

sedang sedih

 

 

Membuang sampah pada

ampatnya  (MK. 22)

 

 

- anak dapat menghibur teman yang

   sedang sedih

- anak dapat mengajak teman yang

  sedih untuk berbicara atau bermain

 

- anak dapat membuang sampah pada

   tempatnya

- anak dapat terbiasa membuang sampah

   pada tempatnya

- anak dapat memahami tentang

   kebersihan lingkungan

- anak dapat memahami tentang

   hidup sehat

III. ISTIRAHAT (± 30 Menit)

- Cuci tangan, berdoa m & m, bermain

- Guru bercakap-cakap teman yang sedang sedih

 

- Guru menyuruh temannya untuk diajak bicara

 

 

- Guru memerintah kepada anak untuk membuang

   sampah pada tempatnya

- Guru

 

 

 

air, serbet, bekal

Percakapan

 

 

 

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Tanya jawab

- Menyanyi lagu/mengulangi lagu Api

- Kesimpulan kegiatan hari ini dan informasi untuk

  besok

- Bersiap untuk pulang dan  berdoa

 

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

…………………………                                                                                                                                                         ……………………..

 

Tema                             : AIR, UDARA, API

Sub Tema                      :

Hari /Tgl                        : Selasa

Semester                        : II

Minggu Ke                     : IX Sembilan

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

1. KEGIATAN AWAL (± 30 Menit)

 

 

 

 

-    Anak dapat mengucap salam dgn baik

-    Anak dapat membaca surah dengan benar dan berdoa dengan baik dan benar

 

·   Memberi dan membalas salam

·   Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak

 

·   Mengabsen  murid

·   Apersepsi kegiatan yang akan dilaksanakan

·   Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran

·   Menyanyi lagu

 

- anak,Guru

 

 

 

 

- anak

 

 

- Lagu "APl"

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penugasan

- bercakap-cakap tentang api

  ( KM. 21)

 

 

 

-   bercerita tentang kebakaran

 

-       anak dapat mendengarkan perca kapan tentang api

-       anak dapat menyimak apa yang telah didengarnya dengan baik

 

-        anak dapat mendengarkan cerita guru dengan baik

-       anak dapat memahami tentang terjadinya kebakaran

-       anak depat menceritakan kemball apa yang didengarnya

- Guru bercakap-cakap tentang api

- Guru Menerangkan guna api

- Guru menjelaskan tentang bahaya api

- Guru menjelaskan warna-warna api

 

- Guru bercerita tentang terjadinya kebakaran

- Guru memberikan pertanyaan kepada anak

- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk

   bercerita kembali

- Gambar api

 

 

 

 

 

- Gambar rumah

 terbakar

 

 

Pengamatan

 

 

 

 

 

Pengamatan

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

 

 

Mewarnai  gambar rumah

 

 

Kebakaran (M.H.7)

- Anak dapat mewarnai gambar dengan baik

 

- Anak dapat melaksanakan tugas

  sampai selesai

Cuci tangan, berdoa untuk makan, minum dan

bermain di luar

 

- Guru membagikan bahan/alat

- Gambar    

  rumah,

 

 

Pensil warna

Krayon

- spedol

 

Penugasan

 

 

 

- anak dapat mencuci tangan dgn bena

- anak dapat berdoa sebelum dan

  sesudah makan dengan baik dan

  benar

 

 

III. ISTIRAHAT (± 30 Menit)

-       Cuci  tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain di luar kelas

 

 

 

 

 

 

- air, serbet

- bekal anak

 

 

 

Pengamatan

 

 

 

Percakapan yang biasa

menyebabkan kebakaran

korek api, lilin, arus listrik dll

(P.7)

 

 

- anak mampu mendengarkan dan

  berkomunikasi secara lisan

- anak dapat menceritakan kembali

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Guru memperlihatkan lilin kepada anak

- Guru mengenalkan gambar lampu listrik kepada anak

- Tanya jawab

- menyimpulkan tentang materi hari ini

- Guru memberikan pesan untuk besok

- Bersiap untuk pulang, bordoa, salam

 

 

 

 

- Lilin

- Bola lampu

   listrik

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

 

…………………………                                                                                                                                                         ……………………..

 

 

 

Tema                             : AIR, UDARA, API

Sub Tema                      :

Hari /Tgl                        : RABU

Semester                        : II

Minggu Ke                     : IX ( Sembilan )

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

1. KEGIATAN AWAL (± 30 Menit)

 

 

 

 

-    Anak dapat mengucap salam dgn baik

-    Anak dapat membaca surah dengan benar dan berdoa dengan baik dan benar

 

·   Memberi dan membalas salam

·   Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak

 

·   Mengabsen  murid

·   Apersepsi kegiatan yang akan dilaksanakan

·   Tanya jawab tentang tema kemarin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

menyanyi Lagu "api"

(AK 10 )

nirukan kata=

Api, ABU, ASAP, ARANG

mengungkapkan Bahasa 2)

- Anak dapat menjawab pertanyaan

  dengan lisan secara sederhana

 

- Anak mampu menyanyikan lagu

  dengan baik

- anak mampu menirukan kata-kata

  api, abu, asap, arang

- anak mampu menirukan kata-kata

  dengan berulang-ulang kali

 

-        Guru dan murid bersama-sama menyanyi lahu

 

 

-        Guru memberikan tugas kepada anak untuk menirukan

-       kata misal: api, abu, asap dan arang

 

 

- Lagu "api"

 

 

Kata

 

 

Penugasan

 

 

Penugasan

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

 

 

membilang 1- 20 dengan

batang korek api

- Anak mampu membilang 1- 20

  dgn benar

- anak mampu menyebutkan bilangan

 dengan baik

- anak mampu menunjukkan bilangan 1-   

  20 dengan benar

 

- Guru menyiapkan bahan untuk membilang

 

- Guru memperlihatkan batang-batang korek api

- Guru memberi

 

- Batang korek   

  api

 

Penugasan

 

mengarnbar bentuk korek api

 

 

 

 

- anak mampu menirukan garis lurus

   dan tegak

- anak mampu menggambar bentuk

  kotak korek api dengan rapi

- anak mampu menirukan gambar

  bentuk kotak korek api dengan baik

- Guru mencontohkan garis lurus dan tegak

 

- Guru mencontohkan membust bentuk kotak korek api

 

- Guru memperlihatkan kotak korek api yang sebenarnya

- Buku gambar,

pensil warna/

pensil spedol,

krayon

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

III. ISTIRAHAT (± 30 Menit)

- Cuci tangan, berdoa untuk makan dan minum

 

 

- air dan bekal

 

 

 

 

 

 

melaksanakan tugas sampai selaesai PL

 

 

 

- anak mampu melaksanakan tugas

  sampai selesai dengan baik

- anak mampu memelihara hasil

  karyanya sendiri

- anak mampu menghargai hasil

  karya teman/orang lain

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Guru melihat hasil karya anak

- Guru memperlihatkan hasil karya anak yang satu

  dengan anak yang lain

- Guru memuji hasil karya anak

- Tanya jawab tentang kegiatan hari ini

- Menyimpulkan tentang kegiatan pembelajaran

- Pesan dan informasi untuk besok

- Bersiap untuk pulang, berdoa dan salam

 

 

 

 

Observasi

 

 

Penugasan

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

 

…………………………                                                                                                                                                         ……………………..

 

 

 

 

 

 

Tema                             : AIR, UDARA, API

Sub Tema                      :

Hari /Tgl                        : KAMIS

Semester                        : II

Minggu Ke                     : IX Sembilan

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

1. KEGIATAN AWAL (± 30 Menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berani bertanya secara

sederhana

-    Anak dapat mengucap salam dgn baik

-    Anak dapat membaca surah dengan benar dan berdoa dengan baik dan benar

 

 

 - Anak dapat menjawab apa gunanya

air bagi manusia, hewan dan tanaman

·   Memberi dan membalas salam

·   Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak

 

·   Mengabsen  murid

·   Apersepsi kegiatan yang akan dilaksanakan

·   Tanya jawab :

Apa Gunanya air

 

 

Guru dan anak

Guru dan anak

 

 

Observasi

Tanya jawab

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

Melaksanakan tugas sendiri

sampai selesai

Mewarnai bentuk gambar

sederhana

 

- Anak dapat menunjukkan mana

  gelas yang berisi air

 

 

- Anak dapat menggambar gelas

  dengan baik

- Anak dapat mewarnai gambar

  gelas dengan rapi

- Praktik langsung

   Menunjukkan gelas yang berisi air

   (Kp. 1)

 

- Pemberian tugas:

   Menggambar gelas (Sem. 21)

- Pemberian tugas:

  Mewarnai gambar gelas

  (Kh. 27)

- Gelas, air

 

 

 

 

- Buku gambar

- Pensil

- Buku gambar

- Krayon

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

Hasil karya

 

Hasil karya

 

 

 

 

 

III. ISTIRAHAT (± 30 Menit)

-       Cuci  tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain di luar kelas

 

 

 

- Air, serbet

- Bekal anak

 

 

 

 

 

Mengulang kalimat yang telah

didengarnya

 

 

Anak dapat menyebutkan kata

G-E-L-A-S

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Pemberian tugas

  Mengulang kata G-E-L-A-S

  (Mb. 4)

- Kesimpulan

- Doa, salam

 

 

 

- Guru, anak

 

 

 

 

Unjuk kerja

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

 

…………………………                                                                                                                                                         ……………………..

 

 

 

 

 

 

 

ema                               : AIR, UDARA, API

Sub Tema                      :

Hari /Tgl                        : JUM’AT

Semester                        : II

Minggu Ke                     : IX Sembilan

 

Indikator

Tujuan

Kegiatan Pembelajaran

Sumber /Media

Penilaian Perkembangan Anak

HASIL

ALAT

 

 

1. KEGIATAN AWAL (± 30 Menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

- Anak dapat membaca surah dengan

benar dan berdoa dengan baik

dan benar

 

 

 

·  Memberi dan membalas salam

·  Membaca doa sebelum belajar, ayat empat dan doa ibu bapak

·  Mengabsen murid

·  Apersepsi kegiatan yang akan dilaksanakan

·  Bercakap-cakap:

  tentang kebakaran

  (KP. 7)

 

 

Guru dan anak

Guru dan anak

 

 

 

 

Observasi

Observasi

 

 

 

II. KEGIATAN INTI (±60 menit)

 

 

 

Mengungkapkan asal mula

terjadinya sesuatu

 

 

 

-    Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama dan suku kata akhir yang sama, dlI

-   Mencocok bentuk

 

 

Memegang pensil dengan benar

(antara ibu jari dengan 2 jari)

 

- Anak dapat tahu asal mula kebakaran

 

 

 

 

- anak dapat membedakan kata awal

  yang sama antara AIR dan API

 

 

- Anak dapat memegang pensil

  dengan benar

 

- Anak dapat memegang pensil dengan

  benar

 

- Praktik langsung

  Membedakan kata awal yang sama antara "Air dan

  Api"

   Mk. 6)

- Pemberian tugas

  Mencocok gamber api

  (FH.7)

- Pemberian tugas

  Memegang pensil dengan benar

   (FH. 2)

- Tulisan

 

 

 

 

- gambar gambar

- jarum, bantalan

- lem

- pensil

 

- Observasi

 

 

 

 

 

- Hasil karya

 

 

Observasi

 

 

 

 

 

III. ISTIRAHAT (± 30 Menit)

-       Cuci  tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain di luar kelas

 

 

 

- Air, serbet

- Bekal anak

 

 

 

 

 

menyebutkan perbuatan yang

ik dan buruk

 

 

- Anak tahu apa akibat bila membuang

  sampah sembarangan

 

IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit)

- Bercakap-cakap

  Tentang sampah yanag dibakar (NAM. 23)

- Kesimpulan

- Doa, salam

 

 

- Guru, anak

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

Mengetahui kepala TK                                                                                                                                                                                   Guru Kelompok B

 

 

 

 

 

 

…………………………                                                                                                                                                         ……………………..

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar