Tema
: AIR, UDARA,
API
Sub
Tema :
Hari
/Tgl : Kamis
Semester : II
Minggu
Ke :
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
|
|
1. KEGIATAN AWAL (± 30 Menit) |
|
|
|
|
- Anak dapat mengucap salam dgn baik - Anak dapat membaca surah dengan benar
dan berdoa dengan baik dan benar |
· Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar, ayat
empat dan doa ibu bapak · Mengabsen murid · Apersepsi kegiatan yang akan
dilaksanakan |
-
Guru, anak - Guru
dan anak |
|
Observasi observasi |
1. melakukan 3 - 5
perintah secara berurutan dengan benar |
- Agar anak dapat melakukan perintah secara
berurutan dengan benar |
· PL: Ambil gelas yang berisi air
susu (MB) |
|
|
|
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) |
|
|
|
5. Mengisi dan
menyebutkan isi wadah (gelas, botol) dengan air, pasir, dll |
- Agar anak dapat menyebutkan isi
wadah (gelas) yang berisi air |
PL: Menyebutkan isi gelas yang
berisi susu dan apa rasanya (KW) |
Gelas,
air, susu |
|
|
7. mencocok bentuk |
Agar anak dapat mencocok gambar dengan baik |
PT: Mencocok gambar gelas (FH) |
Gambar
gelas |
|
|
|
|
III. ISTIRAHAT (± 30 Menit) - Cuci tangan, berdoa sebelum dan
sesudah makan, bermain di luar kelas |
|
|
|
|
|
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Diskusi tentang kegiatan yang dilaksanakan - Informasi untuk kegiatan besok - Membaca doa pulang - salam |
|
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
………………………… ……………………..
Tema
: AIR, UDARA,
API
Sub
Tema :
Hari
/Tgl : Jum’at
Semester : II
Minggu
Ke :
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
|
|
1.
KEGIATAN AWAL (± 30 Menit) |
|
|
|
|
|
· Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar, ayat
empat dan doa ibu bapak · Mengabsen murid · Apersepsi kegiatan yang akan
dilaksanakan |
-
Guru, anak - Guru
dan anak |
|
Observasi observasi |
18 Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara
urut |
agar anak dapat bercerita kembali cerita secara urut dengan benar |
BC: Menceritakan cara berwudhu
secara urut (MK) |
Guru,
anak |
|
|
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) |
|
|
|
3.Menyebutkan dan menceritakan perbedaan 2
buah benda 26.Membuat gambar dengan teknik
mozaik dengan memakai
berbagai bentuk (d ll) melaksanakan kegiatan sesuai keyakinan |
Anak dapat menyebutkan perbedaan 2 buah benda dengan benar Agar anak dapat membuat gambar dengan berbagai bentuk dengan benar Agar anak dapat melaksanakan
kegiatannya dengan benar |
PL:
Membedakan tempat berwudhu dengan tempat buang air besar/WC (KP) PT: Membuat gambar tempat berwudhu
(FH) PL: Berwudhu dengan menggunakan air
bersih (NAM) |
gambar
tempat wudhu
dan tempat buang
air besar Pensil
warna |
|
|
|
|
III. ISTIRAHAT (± 30 Menit) - Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain
di luar kelas |
|
|
|
|
|
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Diskusi tentang kegiatan yang
dilaksanakan - Informasi untuk kegiatan besok - Membaca doa pulang - salam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
………………………… ……………………..
Tema
: AIR, UDARA,
API
Sub
Tema :
Hari
/Tgl : Sabtu
Semester : II
Minggu
Ke :
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
|
|
1.
KEGIATAN AWAL (± 30 Menit) |
|
|
|
|
- Anak dapat mengucap salam dgn baik - Anak dapat membaca surah dengan benar
dan berdoa dengan baik dan benar |
· Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar, ayat
empat dan doa ibu bapak · Mengabsen murid · Apersepsi kegiatan yang akan
dilaksanakan |
- Guru, anak - Guru dan anak |
|
Observasi observasi |
1. Mengungkapkan asal
terjadi- nya sesuatu |
Anak dapat mengungkapkan asal t terjadinya hujan dengan benar |
BC: Mengungkapkan asal mula
terjadinya hujan (Kp) |
Guru, anak |
|
|
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) |
|
|
|
10. Menyanyikan lebih
dari 20 lagu anak-anak |
Anak dapat menyanyikan lagi anak- anak dengan benar |
PT: Menyanyikan lagu "Tik tik Bunyi Hujan" |
Anak |
|
|
21. Melaksanakan tugas
sendiri sarnpai selesai |
agar anak dapat melaksanakan
tugasnya dengan baik |
PT: Menggarnbar Hujan (SEM) |
Buku gambar, pensil, pensil warna |
|
|
17.Mewarnai bentuk
gambar sederhana |
Agar anak dapat mewarnai gambar dengan benar dan rapi |
PT: Mewarnal gambar hujan (FH) |
Pensil warna |
|
|
|
|
III. ISTIRAHAT (± 30 Menit) - Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain
di luar kelas |
|
|
|
|
|
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Diskusi tentang kegiatan yang
dilaksanakan - Informasi untuk kegiatan besok - Membaca doa pulang - salam |
|
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
………………………… ……………………..
Tema
: AIR, UDARA,
API
Sub
Tema :
Hari
/Tgl : SENIN
Semester : II
Minggu
Ke : IX
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
||||
HASIL |
ALAT |
|||||||
|
|
Upacara Bendera ± 15 menit |
|
|
|
|||
Menaati peraturan yang
ada |
- Anak dapat mengikuti upacara
bendera dengan baik |
I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT · Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar, ayat
empat dan doa ibu bapak · Mengabsen murid · Apersepsi kegiatan yang akan
dilaksanakan · Menyampaikan materi dan tujuan
pembelajaran · Bercakap tentang Tema hari ini |
Tiang Bendera - Anak Langsung - Anak Langsung |
|
Pengamatan Pengamatan |
|||
Menyanyi lagu "API” tentang Kegunaan api |
- Anak mampu rnenyanyi | dengan baik - Anak mampu menjawab pertanyaan dengan baik - Anak dapat memahami kegunaan api - Anak dapat membedakan warna api |
Menyanyi lagu "API
BERWARNA BIRU" - Guru dan anak
bersama-sama menyanyi lagu - Guru bertanya-tanya
kepada anak - Guru Bercerita
tentang guna api - Guru Memperlihatkan
gambar api |
Lagu "API" Tanya Jawab Gambar api |
|
|
|||
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) |
|
|
|
|||
membedakan sama dan tidak sama dengan gambar (KW 1) |
- Anak dapat
membedakan sama dan tidak sama dengan
gambar - anak dapat menganalisa dua gambar yang berbeda - anak dapat menunjukkan perdedaan gambar yang ada |
- Guru Menanyakan
kepada anak perbedaan dua buah Gambar - guru menyuruh anak untuk menganalisa gambar yang Dilihatnya - Guru menyuruh anak untuk menunjukkan perbedaan gambar yang
ada |
-
Buku Pedoman -
Gambar kompor yang menyala dan tidak menyala |
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|||
Mencocok gambar kompor
(FH.7) |
- anak dapat mencocok bentuk gambar
kompor - anak dapat melaksanakan tugas
sampai
selesai |
- Guru membagikan bahan yang akan
dikerjakan anak - guru memerintah untuk anak supaya
aktif
Melaksanakan tugas sampai selesai mewarnai
gambar meghemat pemakaian air dan listrik |
- Gambar ompor - Paku, bantal |
|
|
|||
Percakapan menghibur teman yang sedang sedih Membuang sampah pada ampatnya (MK. 22) |
- anak dapat menghibur teman yang
sedang sedih - anak dapat mengajak teman yang
sedih untuk berbicara atau bermain - anak dapat membuang sampah pada
tempatnya - anak dapat terbiasa membuang
sampah
pada tempatnya - anak dapat memahami tentang
kebersihan lingkungan - anak dapat memahami tentang
hidup sehat |
III. ISTIRAHAT (± 30 Menit) - Cuci tangan, berdoa m & m,
bermain - Guru bercakap-cakap teman yang
sedang sedih - Guru menyuruh temannya untuk
diajak bicara - Guru memerintah kepada anak untuk
membuang
sampah pada tempatnya - Guru |
air, serbet, bekal Percakapan |
|
|
|||
|
|
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Tanya jawab - Menyanyi lagu/mengulangi lagu Api - Kesimpulan kegiatan hari ini dan
informasi untuk
besok - Bersiap untuk pulang dan berdoa |
|
|
|
|||
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
………………………… ……………………..
Tema
: AIR, UDARA,
API
Sub
Tema :
Hari
/Tgl : Selasa
Semester : II
Minggu
Ke : IX Sembilan
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
|
|
1.
KEGIATAN AWAL (± 30 Menit) |
|
|
|
|
- Anak dapat mengucap salam dgn baik - Anak dapat membaca surah dengan benar
dan berdoa dengan baik dan benar |
· Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar, ayat
empat dan doa ibu bapak · Mengabsen murid · Apersepsi kegiatan yang akan
dilaksanakan · Menyampaikan materi dan tujuan
pembelajaran · Menyanyi lagu |
- anak,Guru - anak - Lagu "APl" |
|
Penugasan |
- bercakap-cakap
tentang api ( KM. 21) - bercerita tentang kebakaran |
- anak dapat mendengarkan perca kapan
tentang api - anak dapat menyimak apa yang telah didengarnya
dengan baik - anak dapat mendengarkan cerita guru dengan
baik - anak dapat memahami tentang terjadinya
kebakaran - anak depat menceritakan kemball apa
yang didengarnya |
- Guru bercakap-cakap tentang api - Guru Menerangkan guna api - Guru menjelaskan tentang bahaya
api - Guru menjelaskan warna-warna api - Guru bercerita tentang terjadinya
kebakaran - Guru memberikan pertanyaan kepada
anak - Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk
bercerita kembali |
- Gambar api - Gambar rumah terbakar |
|
Pengamatan Pengamatan |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) |
|
|
|
Mewarnai gambar
rumah Kebakaran (M.H.7) |
- Anak dapat mewarnai
gambar dengan baik - Anak dapat melaksanakan tugas sampai selesai |
Cuci tangan, berdoa untuk makan, minum dan bermain di luar - Guru membagikan bahan/alat |
- Gambar rumah, Pensil warna Krayon - spedol |
|
Penugasan |
|
- anak dapat mencuci tangan dgn bena - anak dapat berdoa sebelum dan sesudah
makan dengan baik dan benar |
III. ISTIRAHAT (± 30 Menit) - Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain
di luar kelas |
- air, serbet - bekal anak |
Pengamatan |
|
Percakapan yang biasa menyebabkan kebakaran korek api, lilin, arus
listrik dll (P.7) |
- anak mampu mendengarkan dan berkomunikasi
secara lisan - anak dapat menceritakan kembali |
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Guru memperlihatkan lilin kepada
anak - Guru mengenalkan gambar lampu
listrik kepada anak - Tanya jawab - menyimpulkan tentang materi hari
ini - Guru memberikan pesan untuk besok - Bersiap untuk pulang, bordoa,
salam |
- Lilin - Bola lampu listrik |
|
|
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
………………………… ……………………..
Tema
: AIR, UDARA,
API
Sub
Tema :
Hari
/Tgl : RABU
Semester : II
Minggu
Ke : IX ( Sembilan )
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
|
|
1.
KEGIATAN AWAL (± 30 Menit) |
|
|
|
|
- Anak dapat mengucap salam dgn baik - Anak dapat membaca surah dengan benar
dan berdoa dengan baik dan benar |
· Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar, ayat
empat dan doa ibu bapak · Mengabsen murid · Apersepsi kegiatan yang akan
dilaksanakan · Tanya jawab tentang tema kemarin |
|
|
|
menyanyi Lagu
"api" (AK 10 ) nirukan kata= Api, ABU, ASAP, ARANG mengungkapkan Bahasa 2) |
- Anak dapat menjawab pertanyaan dengan lisan secara
sederhana - Anak mampu menyanyikan lagu dengan baik - anak mampu menirukan kata-kata api, abu, asap,
arang - anak mampu menirukan kata-kata dengan
berulang-ulang kali |
- Guru dan murid bersama-sama menyanyi lahu - Guru memberikan tugas kepada anak untuk
menirukan - kata misal: api, abu, asap dan
arang |
- Lagu "api" Kata |
|
Penugasan Penugasan |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) |
|
|
|
membilang 1- 20 dengan batang korek api |
- Anak mampu membilang 1- 20 dgn benar - anak mampu menyebutkan bilangan dengan baik - anak mampu menunjukkan bilangan 1- 20 dengan benar |
- Guru menyiapkan bahan untuk
membilang - Guru memperlihatkan batang-batang
korek api - Guru memberi |
- Batang korek api |
|
Penugasan |
mengarnbar bentuk korek api |
- anak mampu menirukan garis lurus dan tegak - anak mampu menggambar bentuk kotak
korek api dengan rapi - anak mampu menirukan gambar bentuk
kotak korek api dengan baik |
- Guru mencontohkan garis lurus dan
tegak - Guru mencontohkan membust bentuk
kotak korek api - Guru memperlihatkan kotak korek
api yang sebenarnya |
- Buku gambar, pensil warna/ pensil spedol, krayon |
|
Unjuk kerja |
|
|
III. ISTIRAHAT (± 30 Menit) - Cuci tangan, berdoa untuk makan dan minum |
- air dan bekal |
|
|
melaksanakan tugas sampai selaesai PL |
- anak mampu melaksanakan tugas sampai
selesai dengan baik - anak mampu memelihara hasil karyanya
sendiri - anak mampu menghargai hasil karya
teman/orang lain |
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Guru melihat hasil karya anak - Guru memperlihatkan hasil karya
anak yang satu
dengan anak yang lain - Guru memuji hasil karya anak - Tanya jawab tentang kegiatan hari
ini - Menyimpulkan tentang kegiatan
pembelajaran - Pesan dan informasi untuk besok - Bersiap untuk pulang, berdoa dan
salam |
|
|
Observasi Penugasan |
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
………………………… ……………………..
Tema
: AIR, UDARA,
API
Sub
Tema :
Hari
/Tgl : KAMIS
Semester : II
Minggu
Ke : IX Sembilan
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
|
|
1.
KEGIATAN AWAL (± 30 Menit) |
|
|
|
Berani bertanya secara sederhana |
- Anak dapat mengucap salam dgn baik - Anak dapat membaca surah dengan benar
dan berdoa dengan baik dan benar - Anak dapat menjawab apa gunanya air bagi manusia, hewan dan tanaman |
· Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar, ayat
empat dan doa ibu bapak · Mengabsen murid · Apersepsi kegiatan yang akan
dilaksanakan · Tanya jawab : Apa Gunanya air |
Guru
dan anak Guru
dan anak |
Observasi Tanya jawab |
|
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) |
|
|
|
Melaksanakan tugas sendiri sampai selesai Mewarnai bentuk gambar sederhana |
- Anak dapat menunjukkan mana gelas yang berisi
air - Anak dapat menggambar gelas dengan baik - Anak dapat mewarnai gambar gelas dengan rapi |
- Praktik langsung Menunjukkan gelas yang berisi air (Kp. 1) - Pemberian tugas: Menggambar gelas (Sem. 21) - Pemberian tugas: Mewarnai gambar gelas (Kh. 27) |
- Gelas, air - Buku gambar - Pensil - Buku gambar - Krayon |
|
Unjuk kerja Hasil karya Hasil karya |
|
|
III. ISTIRAHAT (± 30 Menit) - Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain
di luar kelas |
- Air, serbet - Bekal anak |
|
|
Mengulang kalimat yang
telah didengarnya |
Anak dapat menyebutkan kata G-E-L-A-S |
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Pemberian tugas
Mengulang kata G-E-L-A-S
(Mb. 4) - Kesimpulan - Doa, salam |
- Guru, anak |
|
Unjuk kerja |
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
………………………… ……………………..
ema
: AIR,
UDARA, API
Sub
Tema :
Hari
/Tgl : JUM’AT
Semester : II
Minggu
Ke : IX Sembilan
Indikator |
Tujuan |
Kegiatan Pembelajaran |
Sumber /Media |
Penilaian Perkembangan Anak |
|
HASIL |
ALAT |
||||
|
|
1.
KEGIATAN AWAL (± 30 Menit) |
|
|
|
|
- Anak dapat membaca
surah dengan benar dan berdoa dengan baik dan benar |
· Memberi dan membalas salam · Membaca doa sebelum belajar, ayat
empat dan doa ibu bapak · Mengabsen murid · Apersepsi kegiatan yang akan
dilaksanakan · Bercakap-cakap: tentang kebakaran (KP. 7) |
Guru
dan anak Guru
dan anak |
|
Observasi Observasi |
|
|
II. KEGIATAN INTI (±60 menit) |
|
|
|
Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu - Membedakan kata-kata yang mempunyai suku
kata awal yang sama dan suku kata akhir yang sama, dlI - Mencocok bentuk Memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dengan 2 jari) |
- Anak dapat tahu asal mula kebakaran - anak dapat membedakan kata awal yang sama antara
AIR dan API - Anak dapat memegang pensil dengan benar - Anak dapat memegang pensil dengan benar |
- Praktik langsung Membedakan kata awal yang sama antara "Air dan Api" Mk. 6) - Pemberian tugas Mencocok gamber api (FH.7) - Pemberian tugas Memegang pensil dengan benar (FH. 2) |
- Tulisan - gambar gambar - jarum, bantalan - lem - pensil |
|
-
Observasi -
Hasil karya Observasi |
|
|
III. ISTIRAHAT (± 30 Menit) - Cuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan, bermain
di luar kelas |
- Air, serbet - Bekal anak |
|
|
menyebutkan perbuatan
yang ik dan buruk |
- Anak tahu apa akibat bila membuang sampah
sembarangan |
IV. KEGIATAN AKHIR (± 30 Menit) - Bercakap-cakap
Tentang sampah yanag dibakar (NAM. 23) - Kesimpulan - Doa, salam |
- Guru, anak |
|
Observasi |
Mengetahui kepala TK Guru Kelompok B
………………………… ……………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar